Sabtu, 4 April 2020
Kejaksaan Republik Indonesia

BERITA

Kejari Purwokerto Tangkap Manajer Akuntansi Kantor Pos

Kejaksaan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah, menangkap Manajer Akuntansi Kantor Pos Purwokerto, Kusnadi bin Darsono (47), setelah lebih dari satu bulan buron dalam kasus korupsi sekitar Rp516 juta.

"Tersangka ditangkap di Cibiru, Kota Bandung. Petugas kami telah berputar-putar ke berbagai kota untuk mengejar tersangka," kata Kepala Kejari Purwokerto Dita Prawitaningsih di Purwokerto.

Ia mengatakan, tersangka yang beralamat di Jalan Otista, Tarogong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi sejak 7 Mei 2012. Tersangka yang bekerja sebagai Manajer Akuntansi Kantor Pos Purwokerto memanipulasi data keuangan sejak 2009 hingga awal 2012. Ia dijerat sesuai Pasal 2 ayat 1 dan 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Ia mengatakan, jumlah uang negara yang diselewengkan tersangka untuk kepentingan pribadi mencapai Rp516 juta.

Saat ini, pihaknya menahan tersangka guna pemeriksaan intensif. "Tidak terutup kemungkinan, dari hasil pemeriksaan terhadap tersangka dan pengembangkan kasusnya, akan ada oknum-oknum lain di Kantor Pos Purwokerto yang nantinya dinyatakan ikut terlibat," katanya.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Purwokerto Haryono mengatakan, penangkapan dapat dilakukan setelah tim gabungan Kejari Purwokerto dan Polres Banyumas memancing tersangka dengan umpan seorang perempuan muda dan cantik.

Ia mengatakan, cara tersebut dilakukan setelah berbagai upaya tidak membuahkan hasil. Bahkan, kata dia, tim gabungan telah memburu pelaku di Garut, Cianjur, Bandung, hingga Jakarta.

"Perempuan tersebut, diminta melakukan komunikasi intensif melalui berbagai sarana komunikasi untuk melakukan pendekatan terhadap tersangka. Setelah dirasa cukup dekat, tersangka dipancing untuk bertemu di satu tempat," katanya.

Menurut dia, tersangka diajak bertemu oleh perempuan tersebut di perempatan Cibiru, Bandung, dan disanggupinya hingga akhirnya dapat dibekuk petugas.(Nas)

 

(Sumber: Tim Redaksi Website Kejaksaan RI/ Kejari Purwokerto)


kembali

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id