Rabu, 24 April 2019
Kejaksaan Republik Indonesia

BERITA

PERKARA KORUPSI DI KOTA BANJAR SATU PERSATU DILIMPAHKAN KE PENGADILAN TIPIKOR

Satu persatu kasus korupsi di kota Banjar dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung. Terlihat pada hari Senin (30/3/2015) penyidik Kejaksaan Negeri Banjar melimpahkan sekaligus berkas empat orang tersangka ke Pengadilan Tipikor Bandung. Keempat tersangka yang berkasnya telah dilimpahkan tersebut adalah Ikin Asikin, Musa Aha Natawiria, Nur Rifai dan Bakin Kusdiana.

Adapun tersangka Ikin Asikin terjerat kasus bantuan Program Aksi Pembibitan Ternak Sapi Brahman Cross TA.2006 dari Direktorat Jenderal Pertanian Departemen Peternakan tahun 2006 yang menimbulkan kerugian sebesar Rp. 378.520.000,- (Tiga Ratus Tujuh Puluh Delapan Juta Lima Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah).

Kemudian terhadap tersangka Musa Aha Natawiria selaku Sekretaris KPU Kota Banjar baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan tersangka NUR RIFAI, SH selaku Ketua KPU Kota Banjar secara tanggung jawab dan kewenangannya masing-masing telah melakukan Tindak Pidana Korupsi pada Pengelolaan Keuangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar tahun anggaran 2013 dan 2014.

Dan yang terakhir Bakin Kusdiana selaku Kepala Desa Neglasari Kecamatan Banjar Kota Banjar melakukan Penyalahgunaan Dana Bantuan Penguatan Ekonomi Perdesaan (PEP) UPK/BUMDES JAYA SENTOSA di Desa Neglasari Kecamatan Banjar Kota Banjar yang bersumber dari dana APBD Kota Banjar Tahun Anggaran 2007, 2008 dan 2009. (*zm)


kembali

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id