Minggu, 8 Desember 2019
Kejaksaan Republik Indonesia

PENELITIAN

26-06-2018

Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Tilang Di Kejaksaan RI

Penilaian   kinerja   organisasi   pelayanan   publik   berguna   untuk menilai jenis pelayanan yang diberikan dalam memenuhi harapan dan   memuaskan   pengguna   jasa.   Kejaksaan   adalah   salah   satu lembaga publik dalam penegakan hukum. Pelayanan tilang merupakan salah satu produk dari pelaksanaan fungsi eksekutorial Jaksa sebagai pelaksana  penetapan  hakim. UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU Nomor 25 Tahun 2009 mengamanatkan kepada seluruh institusi pemerintahan untuk melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagai tolak ukur keberhasilan penyelanggaraan pelayanan, dengan berpedoman pada PERMENPAN-RB  Nomor  14  Tahun  2017. 

Survei  ini  bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Kejaksaan khususnya pelayanan tilang. Survei ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner. Populasi penelitian adalah semua masyarakat pengguna tilang di seluruh Kejaksaan Tinggi, dengan sampel Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, D.I.Banda Aceh, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, dan D.I Yogyakarta.

Diperoleh hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan tilang di Kejaksaan adalah 79,45 (BAIK). Unsur pelayanan tertinggi adalah unsur biaya/tarif pelayanan (3,504 atau baik) dan unsur pelayanan terendah adalah penanganan pengaduan, saran dan masukan (2,956 atau baik). Pelayanan tilang biasa/ konvensional memiliki nilai IKM 79,72 (baik) yang lebih tinggi daripada nilai IKM pelayanan E-tilang 79.01 (baik).

Download File


kembali

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id