Minggu, 8 Desember 2019
Kejaksaan Republik Indonesia

PENELITIAN

26-06-2018

Penguatan Terhadap Efektifitas Tugas Dan Wewenang Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah Dan Pembangunan (TP4) Sebagai Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

Judul penelitian ini tentang “Penguatan Terhadap Efektifitas Tugas dan Wewenang Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4) Sebagai Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi”. Pembentukan TP4 dimaksudkan untuk pengamanan dan pengawalan pemerintahan dan proyek pembangunan agar berhasil maksimal. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan tipe penelitian yuridis normatif dan yuridis empiris. Permasalah dalam penelitian ini tentang efektifitas TP4 dan kendala-kendala penerapan di lapangan. Tujuan penelitian ini memberikan gambaran tentang  efektifitas pelaksanan tugas dan wewenang TP4 dan memberikan saran dalam penyelesaian terhadap kendala-kendala yang ditemukan di lapangan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa meskipun pembentukan TP4 masih relatif baru namun mendapat respon positif  dari  jajaran  pemerintahan  dan  BUMN/D.

Tim  ini  diharapkan mampu melaksanakan tugas wewenangnya. Kendala yang ditemukan menyangkut  sumber  daya  manusia,  status  hukum  nya,    koordinasi dengan satuan kerja pemerintahan, struktur organisasi dan anggaran operasional. Diharapkan dengan pembentukan TP4 ini kejaksaan sejak dini mampu melakukan pencegahan tindak pidana korupsi . Kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan wewenang dalam TP4D ini tidak berperan ganda  yang sementara ini banyak ditakuti SKPD dan mengawal proses pembangunan sehingga tidak terjadi kebocoran-kebocoran anggaran. Rendahnya SDM TP4 ini   benar-benar perlu   mendapat perhatian dari institusi kejaksaan.

Download File


kembali

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id