Sabtu, 4 April 2020

04-02-2009
Penyiapan Data Informasi Spasial SDA di Kabupaten Daerah Tertinggal Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Lokal Tahun Anggaran 2006

Pada hari Rabu tanggal 4 Pebruari 2009 Tim Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI yang diketuai oleh FADIL ZUMHANA, SH melakukan pemeriksaan terhadap PRAMONO PRIYO H, BBA sebagai saksi berkaitan dengan Kasus Penyiapan Data Informasi Spasial Sumber Daya Alam di Kabupaten Daerah Tertinggal Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Lokal.

Kasus Posisi :

-  Bahwa terhadap kegiatan tersebut dilakukan proses pengadaan barang/jasa (lelang) yang dimenangkan oleh PT. Tunas Intercomindo Sejati dengan nilai kontrak sebesar Rp. 4,4 milyar.
- Bahwa berdasarkan dokumen kontrak disebutkan bahwa dalam pembuatan data spasial dibutuhkan beberapa orang tenaga ahli yang berpengalaman dibidangnya, namun dalam kontrak tidak dilibatkan dalam pekerjaan tersebut dan menggunakan orang lain yang tidak terdapat dalam dokumen kontrak yang pengalamannya tidak sesuai dengan syarat dalam kontrak.
- Bahwa terhadap penyelesaian pekerjaan data spasial tersebut sesuai kerangka acuan kerja diharuskan adanya survey ke lapangan untuk meng update data, sehingga data-data dasar yang sudah diperoleh dapat disinkronkan dengan keadaan lapangan/potensi daerah yang sebenarnya, namun ternyata tidak semua dilakukan survey lapangan dan hanya mengolah data-data dasar yang sudah ada sehingga pertanggu jawaban dalam kegiatan dimaksud adalah fiktif.
- Bahwa dalam proses pengadaan barang/jasa dengan dimenangkan konsultan PT. Tunas Intercomindo Sejati diduga dalam pekerjaannya telah meyimpang dari kontrak sehingga telah terjadi perbuatan melawan hukum melanggar Keputusan Presiden 80 tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, yang dapat merugikan keuangan dan atau perekonomian Negara.

Sekian.

                                                                                                                                KEPALA PUSAT PENERANGAN HUKUM

                                                                                                                                                             TTD

                                                                                                                                                  M. JASMAN, S.H.
                                                                                                                                   JAKSA UTAMA MUDA NIP. 230019942.


kembali

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id