REFORMASI BIROKRASI
KEJAKSAAN RI
   TAHAP PELAKSANAAN    QUICK WINS    PROGRAM PEMBARUAN    INFO TERKINI  
Penerapan Sistem TI Penanganan PerkaraPercepatan dan Optimalisasi Penanganan PerkaraPenerapan Sistem TI LapduRedesign Website Kejaksaan
 
Redesign Website Kejaksaan
 

Tujuan Implementasi Pengembangan Website Kejaksaan

  • Memudahkan akses masyarakat akan kebutuhan informasi yang berkaitan dengan kinerja dan tugas pokok Kejaksaan
  • Informasi penanganan perkara (Pidum dan Pidsus) di Webseite Kejaksaan RI sebagai tindak lanjut UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
  • Upaya transparansi dan akuntabilitas kinerja Kejaksaan.

Rencana Kerja 

  • Sosialisasi Website
  • Pengembangan fasilitas & kanal-kanal website Kejaksaan
  • Peningkatan kapasitas pengelola Website Kejaksaan RI(melalui training-training).
  • Formalisasi kebijakan tentang Pengelolaan Website kejaksaan RI.
  • Monitoring dan Evaluasi (Monev) melalui Pengukuran Kinerja terhadap Website Kejaksaan RI.

 

 

Re-design Website Kejaksaan

Khusus untuk kanal Info perkara, yang harus dilakukan oleh satuan kerj pilot project adalah meng-update data info perkara melalui aplikasi SIMKARI tersebut telah terhugung langsung dengan kanal info perkara website Kejaksaan RI. Informasi yang ditampilkan dalam website adalah informasi yang bersifat umum dan tidak akan mempengaruhi jalannya proses penyelesaian perkara.



Matrik Pelaksanaan Program percepatan (Quick Wins) Refprmasi Birokrasi Kejaksaan

 

Sosialisasi Website Kejaksaan



Kanal Kejaksaan Tinggi

Pada kanal khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati), redesign tidak hanya meliputi perubahan tampilan kanal, namun juga menyangkut pengelolaannya. Dari segi tampilan, kanal Kejati saat ini sudah bisa menampilkan berita dan informasi terbaru dari wilayah hukumnya masing-masing. Pembaharuan berita tersebut juga dapat langsung dilakukan oleh tim dari masing-masing kejati. Tersedianya laman Kejati pada website Kejaksaan, maka seluruh Kejati dan Kejaksaan Negeri (Kejari) harus meng-update informasi pada halaman Kejati dengan informasi-informasi seperti:
  • Berita aktual yang terjadi di wilayah Kejati/Kejari yang dianggap perlu
  • Kegiatan-kegiatan Kejati/Kejari yang perlu diketahui oleh publik
  • Daftar buronan
  • info perkara

Tingkat kecepatan, kuantitas dan keamuratan entry data pada aplikasi yang telah disediakan merefleksikan kinerja masing-masing satuan kerja Kejaksaan.

Tata Kelola Kanal Kejaksaan Tinggi

Pengelolaan kanal Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang meliputi pencarian dan pengumpulan informasi yang akan diunggah sebagai berita, pembuatan siaran pers dan pembaruan profil kejati apabila terdapat perubahan dilakukan oleh tim dari masing-masing Kejati.

Meski masing-masing Kejati diberikan hak akses terhadap admin website Kejaksaan dan mengelola kanalnya masing-masing, namun untuk penayangan (publish) informasi tersebut tetap dilakuakn oleh Tim Redaksi pusat yangbertempt di Kejaksaan Agung melalui email. Sementara Tim redaksi di kejaksaan Agung berkewajiban melakukan monitoring terhdapa admin masing-masing kanal Kejati. Apabila terdapat berita dan informasi baru yang diinput oleh Kejati, Tim Redaksi Pusat wajib memeriksa dan menayangkannya pada website Kejaksaan RI.
 
Kembali
  Quick Wins
  Evaluasi Kinerja
  Profil Kejaksaan 2025
  Manajemen Perubahan
  Analisis Jabatan
  Evaluasi Jabatan
  Sistem&Struktur Remunerasi
  Sistem Manajemen SDM
  Peraturan Perundang-Undangan
ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.