Senin, 14 Oktober 2019
SOEDJONO C. ATMONEGORO SH

15. Soedjono C. Atmonegoro SH (1998 - 15 Juni 1998)

Soedjono Chanafiah Atmonegoro adalah Jaksa Agung RI pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi. Kendati memegang jabatan Jaksa Agung pada dua periode, usia jabatan Soedjono hanya 88 hari karena secara mendadak Presiden Habibie pada 15 Juni 1998 dan digantikan Andi M Ghalib yang sebelumnya Kakabinkum ABRI.

Soedjono C Atmonegoro adalah Jaksa Agung dari sipil yang kedua, setelah Singgih. Sebelum itu jabatan tersebut selalu dipegang ABRI. Soedjono menjadi Jaksa Agung pada Kabinet Pembangunan VII dan ditunjuk serta diangkat oleh almarhum mantan Presiden Soeharto. Kendati demikian, mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan ini pula yang membentuk tim pengusut harta kekayaan mantan presiden tersebut saat dipercaya jadi anggota Kabinet Reformasi.

Penggantiannya yang terkesan mendadak sempat mencuatkan berbagai rumor yang dikait-kaitkan dengan tim yang dibentuknya tersebut. Soedjono membantah rumor bahwa ia telah mengajukan pengunduran diri. Uniknya, beliau sendiri juga menegaskan bahwa pergantian dirinya tidak mendadak dan tidak ada kaitan dengan tindakannya yang sangat progresif dalam mengusut harta Soeharto. Yang jelas, sejak tak lagi menjadi Jaksa Agung, keberadaannya tak banyak terekspos. Pada tahun 1998, beliau dikabarkan memutuskan bergabung dengan salah satu partai politik.

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id