Senin, 14 Juni 2021

JAKSA AGUNG

REPUBLIK INDONESIA

 

AMANAT

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN SERAH TERIMA JABATAN PEJABAT ESELON II

DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI

 

Jakarta, 21 Desember 2020

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Shaloom,

Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan

 

Yang saya hormati:

  • Wakil Jaksa Agung RI;
  • Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan, dan Para Staf Ahli Jaksa Agung RI;
  • Para Pejabat Eselon II di Lingkungan Kejaksaan Agung RI;
  • Para Undangan dan Hadirin yang berbahagia.

 

 

 

 

Pertama-tama dan yang terutama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan karunia-Nya, kita dapat berkesempatan hadir untuk mengikuti prosesi pengambilan sumpah, pelantikan, dan serah terima jabatan Pejabat Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung RI dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kurang suatu apapun.

Rotasi alih jabatan di lingkungan Kejaksaan adalah siklus yang dibutuhkan dalam rangka regenerasi, sekaligus penyegaran personil dan organisasi. Upaya penataan melalui pergantian dan penyegaran ini dipandang perlu sebagai ikhtiar Kejaksaan untuk senantiasa menjadi tetap kuat, lebih solid, dan lebih siap, guna menjawab tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks.

Selain itu, penting untuk dipahami bahwa sebagai bagian dari pengembangan organisasi, maka pergantian jabatan ini pun merupakan upaya yang tidak terpisahkan untuk mewujudkan visi dan misi besar sebagai institusi penegak hukum yang terus senantiasa dapat diandalkan.

Berkenaan dengan hal tersebut, saya ucapkan selamat kepada saudara IDIANTO, S.H., M.H selaku Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum dan saudara YUNAN HARJAKA, S.H., M.H selaku Inspektur I pada Jaksa Agung Muda pengawasan, yang baru saja dilantik. Semoga penempatan saudara pada posisi yang baru dapat memberikan nilai tambah dan manfaat bagi penataan, perbaikan, dan penyempurnaan guna kemajuan lembaga kita.

 

Para pejabat baru yang saya hormati,

Dalam rangka memajukan Kejaksaan sebagaimana yang diharapkan, kepada saudara-saudara saya memberikan beberapa penekanan tugas sebagai berikut:

  • Kepada Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara

Mendasarkan pada pemahaman bahwa terorisme merupakan salah satu bentuk kejahatan lintas batas negara, oleh karena itu pemberantasannya tidak dapat lagi dibatasi dalam lingkup yurisdiksi nasional saja. Untuk itu, saya minta kepada saudara untuk menyiapkan perumusan kebijakan teknis yang mampu mengoptimalkan sinergitas kerja sama yang koordinatif antar penegak hukum maupun dengan pemangku kepentingan lainnya, baik dalam lingkup nasional maupun internasional, serta laksanakan pengendalian penanganan perkara tindak pidana terorisme dan lintas negara secara optimal, terukur, obyektif, proporsional, dan profesional.

  • Kepada Inspektur I pada Jaksa Agung Muda Pengawasan

Dalam rangka memastikan terselenggaranya kegiatan pengamanan dan pendampingan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang benar, profesional, dan akuntabel oleh jajaran Kejaksaan, saya minta kepada saudara untuk menyiapkan penyusunan kebijakan pengawasan intern terhadap pelaksanaan kegiatan dimaksud. Selain itu, lakukan upaya yang mampu meningkatkan mutu pengendalian dan pengawasan atas program kerja yang sedang dilaksanakan, sehingga berbagai bentuk penyimpangan dapat diatasi dan dicegah.

Bapak dan ibu, saudara-saudara sekalian,

Menutup amanat ini, sekali lagi saya berharap pejabat yang baru dilantik mampu memberikan energi positif dan semangat baru sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih optimal dan lebih baik lagi. Teriring apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pejabat lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan penuh pengabdian.

Semoga Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kita semua dalam menjalankan tugas.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Sejahtera bagi kita sekalian,

Shaloom,

Om shanti shanti om,

Namo Budhaya,

Salam Kebajikan.

 

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

 

BURHANUDDIN

 PIDATO JAKSA AGUNG
17-02-2021
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN SERAH TERIMA JABATAN KEPALA KEJAKSAAN TINGGI DAN PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI
21-12-2020
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN SERAH TERIMA JABATAN PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI
pidato lainnya
 BERITA
10-06-2021
Kejati Sulawesi Barat Tahan Tersangka Korupsi Lahan Mangrove Pasangkayu Tahun 2016
10-06-2021
Kajati Maluku Utara Menerima Kunjungan Kehormatan Inspektur BABINKUM TNI
09-06-2021
Kejari Situbondo Eksekusi Terpidana Penggelapan 1,1 Miliar
berita lainnya
 SIARAN PERS
10-06-2021
KEPALA PUSAT PEMULIHAN ASET (PPA) KEJAKSAAN AGUNG MENGUMUMKAN LELANG BARANG RAMPASAN PERKARA DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI DANA PENSIUN (DAPEN) PERTAMINA
10-06-2021
KEPALA PUSAT PEMULIHAN ASET (PPA) KEJAKSAAN AGUNG MENGUMUMKAN LELANG BENDA SITAAN / BARANG BUKTI PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI PADA PT. ASABRI
10-06-2021
2 SAKSI DIPERIKSA TERKAIT DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI BANTUAN DANA PEMERINTAH KEPADA KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA (KONI) PUSAT PADA KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA REPUBLIK INDONESIA (KEMENPORA RI) TAHUN ANGGARAN 2017
arsip siaran pers

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id

 

Untuk teknis webiste

PUSAT DATA STATISTIK KRIMINAL DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Telpon/Fax : +6221 739 2395 / +6221 722 1377
Email : webmaster@kejaksaan go.id