Senin, 14 Juni 2021

AMANAT

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PADA ACARA PELANTIKAN ANGGOTA SATUAN TUGAS KHUSUS PENANGANAN DAN PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA UMUM (SATGASSUS P3TPU)

 

Jakarta, 30 November 2020

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Shalom,

Salam sejahtera bagi kita sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Budhaya

Salam Kebajikan.

 

Yang saya hormati:

  • Wakil Jaksa Agung RI;
  • Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI, dan Para Staf Ahli Jaksa Agung RI;
  • Para Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum;
  • Para Anggota Satuan Tugas Khusus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Umum (Satgassus P3TPU)
  • Para Undangan dan Hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama dan yang terutama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Watta’alla, Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Satuan Tugas Khusus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Umum (Satgassus P3TPU) ditengah-tengah keterbatasan karena pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan ini saya sampaikan apresiasi kepada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum beserta jajarannya yang telah berkerja keras dalam menjalankan penanganan perkara pidana umum dengan baik.

Maksud dan tujuan dibentuknya Satgassus P3TPU adalah untuk percepatan, efesiensi dan efektifitas penyelesaian penanganan perkara sehingga kehadiran Satgassus P3TPU mampu meningkatkan kinerja Bidang Tindak Pidana Umum.

Sebagaimana yang telah kita ketahui tantangan penanganan pidana umum selain tingginya volume perkara, modus operandi kejahatan yang makin kompleks, juga terdapat kurang lebih 220 peraturan perundang-undangan dan 700 lebih tindak pidana di luar KUHP yang harus dikuasai oleh para jaksa sehingga penerapan peraturan bisa secara tepat diterapkan.

 

 

 

Hadirin yang saya hormati,

Pada hari ini, di hadapan saya telah berdiri 30 (tiga puluh) orang jaksa yang akan saya lantik sebagai Satgassus P3TPU, saya yakin saudara terpilih karena memiliki integritas, kompetensi, kapabilitas dan profesionalitas tinggi dan oleh karena itu saudara sekalian dianggap mampu dan layak bergabung dengan Satgassus P3TPU. Tantangan dan tugas berat sudah menanti saudara sekalian, saya berharap penugasan di satuan khusus ini menjadi kawah candradimuka saudara dalam mempersiapkan dan menempa diri sebagai calon pimpinan Kejaksaan di masa yang akan datang.

Selesaikan tugas penanganan perkara pidana umum secara cepat, tuntas, transparan dan akuntabel, jangan transaksional dan ciderai rasa keadilan masyarakat, saya pastikan saudara akan saya tindak tegas apabila diantara saudara-saudara sekalian ada yang coba-coba bermain dalam penanganan perkara.

Ekspetasi saya terhadap saudara sekalian sangat tinggi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan penanganan perkara pidana umum, oleh karena itu jangan kecewakan saya dan untuk kesekian kalinya saya tegaskan, saya tidak butuh jaksa pintar tapi tidak berintegritas, saya butuh jaksa pintar dan berintegritas!

 

 

 

Anggota Satgassus P3TPU yang saya banggakan,

Sebagaimana yang telah kita ketahui, Kejaksaan RI telah banyak melakukan terobosan dan inovasi dalam melakukan optimalisasi dan transparansi kinerja guna menghadirkan keadilan yang dapat dirasakan oleh masyarakat, diantaranya dibidang Tindak Pidana Umum telah diterbitkan Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif. Peraturan ini saya keluarkan karena rasa tanggungjawab untuk melindungi masyarakat dari dampak penegakan hukum yang justru mencederai rasa keadilan masyarakat. Saya tidak ingin mendengar lagi ada seorang nenek yang dipenjara karena mencuri ranting kayu, untuk itu pahami maksud dan tujuan dari Peraturan Kejaksaan tersebut, jangan disalahgunakan, terapkan dengan hati nurani.

 

Hadirin yang saya hormati dan Anggota Satgassus P3TPU yang saya banggakan,

Dalam kesempatan yang baik ini atas nama pribadi maupun institusi, saya mengucapkan selamat bertugas kepada saudara-saudara yang baru dilantik. Segera laksanakan tugas dengan kesungguhan, ketulusan, keikhlasan, kejujuran, dan penuh rasa tanggung jawab.

Mari kita penuhi sumpah dan janji yang pernah kita ucapkan pada saat dilantik sebagai Jaksa untuk senantiasa berkerja dan berkarya dengan sepenuh hati, karena kepada kita sekalianlah harapan besar masyarakat pencari keadilan digantungkan. Saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara dan kita semua, akan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab mulia ini dengan sebaik-baiknya.

 

Hadirin yang saya hormati,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Akhirnya, semoga Allah Subhanahu Watta’alla, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan perlindungan dan pertolongan kepada kita sekalian dalam menjalankan tugas pengabdian demi kemajuan bangsa dan negara kita. Aamiin.                                       

 

Sekian dan terima kasih.

 

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Shalom,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Om santi santi santi om,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan.

 

 

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

 

 

BURHANUDDIN

 PIDATO JAKSA AGUNG
17-02-2021
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN SERAH TERIMA JABATAN KEPALA KEJAKSAAN TINGGI DAN PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI
21-12-2020
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN SERAH TERIMA JABATAN PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI
pidato lainnya
 BERITA
10-06-2021
Kejati Sulawesi Barat Tahan Tersangka Korupsi Lahan Mangrove Pasangkayu Tahun 2016
10-06-2021
Kajati Maluku Utara Menerima Kunjungan Kehormatan Inspektur BABINKUM TNI
09-06-2021
Kejari Situbondo Eksekusi Terpidana Penggelapan 1,1 Miliar
berita lainnya
 SIARAN PERS
10-06-2021
KEPALA PUSAT PEMULIHAN ASET (PPA) KEJAKSAAN AGUNG MENGUMUMKAN LELANG BARANG RAMPASAN PERKARA DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI DANA PENSIUN (DAPEN) PERTAMINA
10-06-2021
KEPALA PUSAT PEMULIHAN ASET (PPA) KEJAKSAAN AGUNG MENGUMUMKAN LELANG BENDA SITAAN / BARANG BUKTI PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI PADA PT. ASABRI
10-06-2021
2 SAKSI DIPERIKSA TERKAIT DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI BANTUAN DANA PEMERINTAH KEPADA KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA (KONI) PUSAT PADA KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA REPUBLIK INDONESIA (KEMENPORA RI) TAHUN ANGGARAN 2017
arsip siaran pers

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id

 

Untuk teknis webiste

PUSAT DATA STATISTIK KRIMINAL DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Telpon/Fax : +6221 739 2395 / +6221 722 1377
Email : webmaster@kejaksaan go.id