Sabtu, 28 November 2020

SAMBUTAN

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PADA ACARA PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN DAN PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA

KEJAKSAAN RI DAN PT PINDAD (PERSERO)

 

Jakarta, 28 Agustus 2020

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Shaloom,

Salam Sejahtera bagi kita sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Budhaya,

Salam Kebajikan.

 

Yang Saya Hormati :

  • Direktur Utama PT Pindad (Persero), Bapak Abraham Mose;
  • Para Direktur:
  1. Direktur Teknologi dan Pengembangan, Bapak Ade Bagdja.
  2. Direktur Keuangan dan Administrasi, Bapak Wildan Arief.
  3. Direktur Bisnis Produk Pertahanan dan Keamanan, Bapak Heru Puryanto.
  4. Direktur Bisnis Produk Industrial, Bapak Heri Heriswan.
  5. Direktur Strategi Bisnis, Bapak Rizka Ariesnawan.
  • Para Vice President dan General Manager PT Pindad (Persero);
  • Direktur Utama PT Pindad Enjiniring Indonesia, Bapak Sena Maulana;
  • Wakil Jaksa Agung RI;
  • Para Jaksa Agung Muda dan Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI;
  • Para Pejabat Eselon 2 di Lingkungan Kejaksaan Agung RI;
  • Para Kepala Kejaksaan Tinggi seluruh Indonesia yang menyaksikan acaranya ini melalui video conference;
  • Hadirin sekalian yang berbahagia.

 

Pertama-tama dan yang terutama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan perlindungan-Nya yang telah dianugerahkan kepada kita semua, sehingga kita senantiasa diberikan nikmat sehat untuk dapat hadir guna mengikuti acara “Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Kejaksaan Republik Indonesia dengan PT Pindad (Persero) Tentang Kerja Sama dan Koordinasi Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Fungsi”, yang sekaligus telah ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara beberapa jajaran Kejaksaan Agung RI dan PT Pindad.

Prosesi ini merupakan langkah monumental, sebagai bentuk kesadaran dan pemahaman kita semua, bahwa jalinan kerja sama sinergis, kolaboratif, dan lintas sektoral adalah merupakan upaya yang niscaya dibutuhkan untuk saling melengkapi di tengah kelebihan dan keterbatasan masing-masing lembaga.

Berkenaan dengan itu, Kejaksaan memandang penting, setiap kali dibuatnya Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan banyak pihak, sebagaimana yang sedang kita lakukan saat ini. Hal ini tentunya dilatarbelakangi dan didorong kesadaran untuk membangun kemajuan bersama, terlebih untuk turut berkontribusi memastikan keberhasilan PT Pindad dalam melaksanakan usaha terpadu di bidang peralatan pertahanan dan keamanan untuk mendukung pembangunan nasional, serta secara khusus untuk mendukung pertahanan & keamanan negara.

Untuk itu, atas nama pribadi maupun institusi, tidak henti-hentinya saya menyampaikan penghargaan kepada Direktur Utama PT Pindad (Persero) Bapak Abraham Mose beserta segenap jajaran, yang telah bersepakat menjalin hubungan kerja sama dan koordinasi yang lebih terarah dengan lembaga Kejaksaan RI. Kita berharap relasi ini dapat saling mendukung dan melengkapi optimalisasi tugas dan fungsi masing-masing, guna mewujudkan peran dan kiprah masing-masing lembaga dalam memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

 

Segenap hadirin yang saya hormati,

Secara teknis, sinergitas hubungan kerja sama serta koordinasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak sebagaimana yang tertuang dalam ruang lingkup nota kesepahaman, adalah sebagai berikut:

Pertama, penanganan masalah perdata dan tata usaha negara yang meliputi pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, penegakan hukum, dan tindakan hukum lainnya. Dalam upaya mendukung peran dan fungsi PT Pindad, Jaksa Pengacara Negara siap memberikan jasa Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, Pelayanan Hukum, dan Tindakan Hukum Lain baik di dalam maupun di luar pengadilan, terkait berbagai masalah hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi oleh PT Pindad.

Kedua, pengamanan pembangunan proyek-proyek strategis dan penelusuran aset. Kerja sama ini akan fokus pada upaya pencegahan dalam mengamankan pembangunan proyek strategis di lingkungan PT Pindad, agar dapat berlangsung dengan baik, tepat waktu, tepat sasaran, tepat manfaat, tepat anggaran, dan tepat guna. Disamping kerja sama terkait penelusuran aset yang dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi .

Ketiga, pertukaran data, informasi dan/atau konsultasi terkait permasalahan hukum. Melalui kerja sama ini diharapkan masing-masing pihak akan dapat lebih mudah berkoordinasi dan bekerja sama dalam bertukar data, informasi, atau konsultasi terkait permasalahan hukum yang dihadapi PT Pindad.

Keempat, koordinasi dan optimalisasi kegiatan pemulihan aset tetap milik PT Pindad. Melalui kerja sama ini diharapkan akan dilakukan upaya sinergis dalam rangka penyelamatan, pengamanan, dan penata ulang pemanfaatan aset-aset PT Pindad.

Kelima, pemanfaatan produk dan/atau jasa PT Pindad untuk mendukung tugas dan fungsi Kejaksaan RI. Melalui kerja sama ini saya berharap produk dan/atau jasa PT Pindad dapat diberdayagunakan secara optimal, guna menunjang kepentingan pelaksanaan tugas dan fungsi Kejaksaan

Keenam, peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi serta kualitas SDM guna menghadapi berbagai permasalahan hukum. Terlebih membangun kualitas SDM yang dapat mengoptimalisasikan fungsi dan peran masing-masing lembaga secara sinergis.  

Dan ketujuh, bentuk kerja sama lain yang disepakati oleh kedua lembaga.

Dengan ruang lingkup sedemikian, saya optimis dan percaya bahwa jalinan kerja sama ini akan mampu menjadi bagian integratif bagi terdukung dan terlaksananya tugas dan fungsi masing-masing pihak secara optimal. Terutama sekali dalam berupaya membantu menyelesaikan berbagai persoalan hokum yang dihadapi PT Pindad.

Semoga melalui kerja sama ini, Kejaksaan RI dapat turut menjadi bagian untuk mewujudkan tercapainya tujuan PT Pindad yang mampu menyediakan kebutuhan alat utama sistem Persenjataan secara mandiri, untuk mendukung penyelenggaraan pertahanan dan keamanan Negara Republik Indonesia.

 

 

 

 

 

Bapak, Ibu, para hadirin yang saya hormati,

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyampaikan harapan agar kita dapat menjaga dan memelihara hubungan kerja sama ini dengan sebaik-baiknya, sekaligus mengimplementasikannya secara sungguh-sungguh.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, Insya Allah hubungan kerja sama kita dapat berjalan dengan baik, berhasil guna, dan memberikan manfaat nyata sesuai niat kita bersama. Kiranya Allah Subhanahu Watta’ala senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan, perlindungan, dan ridha-Nya kepada kita dalam melaksanakan tugas dan pengabdian bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Aamiin.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Shaloom,

Salam Sejahtera bagi kita sekalian,

Om shanti shanti om,

Namo Budhaya,

Salam Kebajikan.

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

 

 

BURHANUDDIN

 PIDATO JAKSA AGUNG
13-11-2020
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PELANTIKAN ANGGOTA SATUAN TUGAS KHUSUS PENANGANAN DAN PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI (SATGASSUS P3TPK)
26-10-2020
SAMBUTAN DAN PENGARAHAN JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA PEMBUKAAN RAPAT KERJA TEKNIS (RAKERNIS) BIDANG TINDAK PIDANA KHUSUS KEJAKSAAN RI TAHUN 2020
pidato lainnya
 BERITA
27-11-2020
Kejari Babel Menahan 2 (Dua) Tersangka Tipikor Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan
26-11-2020
Perkembangan Penyidikan Perkara Dugaan Tipikor Dalam Pengelolaan Keuangan Dan Dana Investasi Pada PT. Asuransi Jiwasraya
26-11-2020
Tim Penyidik periksa 7 Orang Dalam Dugaan Tipikor Penyalahgunaan Bantuan Dana Pemerintah Kepada Koni Pusat Tahun Anggaran 2017
berita lainnya
 SIARAN PERS
26-10-2020
Konferensi Pers Capaian Kinerja 1 (Satu) Tahun Jaksa Agung RI.
24-10-2020
PUBLIC SATISFACTION SURVEY, ATTORNEY GENERAL'S SUCCESSFUL PERFORMANCE
24-10-2020
SURVEY KEPUASAN PUBLIK, KINERJA JAKSA AGUNG MEMUASKAN
arsip siaran pers

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id