Sabtu, 28 November 2020

AMANAT

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN WAKIL JAKSA AGUNG RI, KEPALA BADAN DIKLAT KEJAKSAAN RI, DAN STAF AHLI JAKSA AGUNG

 

Jakarta, 04 Mei 2020

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yang saya hormati:

  • Para Jaksa Agung Muda dan Para Staf Ahli Jaksa Agung RI;
  • Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta;
  • Para Pejabat Eselon II di Lingkungan Kejaksaan Agung RI;
  • Ibu Ketua Umum, segenap Ibu-Ibu Pengurus, dan Anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat dan Daerah;
  • Para Undangan, dan Hadirin yang berbahagia.

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, meski di tengah pandemi Covid-19 yang menimbulkan berbagai keterbatasan, namun berkat rahmat, karunia, dan perlindungan-Nya, kita masih berkesempatan hadir untuk mengikuti prosesi pengambilan sumpah, pelantikan, dan serah terima jabatan Wakil Jaksa Agung RI, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, dan Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

Bahwa setiap alih tugas, mutasi, dan promosi yang ditandai dengan diselenggarakannya prosesi dan acara pelantikan, penyumpahan, dan serah terima seperti sekarang ini, hendaknya tidak sekadar dipandang sebagai sebuah rutinitas dan kegiatan seremonial belaka, namun lebih dari itu harus dianggap sebagai pengingat, bahwa tugas maupun jabatan yang diterima dan diserahkan merupakan sebuah kepercayaan yang membawa konsekuensi tanggung jawab untuk diemban dan dilaksanakan dengan baik, amanah, kerja keras, penuh kesungguhan, dan keikhlasan.

Bagi kita, sebuah jabatan, kewenangan, dan kedudukan apapun dan dimanapun, hendaknya diniatkan sebagai kesempatan baik dan terhormat, guna menjadikannya sebagai ladang pengabdian untuk melakukan sesuatu yang terbaik, agar penegakkan hukum yang kita upayakan selalu yang memberikan manfaat besar bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

Kepada para pejabat baru yang saya banggakan,

Pengajuan, penentuan, dan pengangkatan seseorang untuk menduduki jabatan teras di lingkungan Kejaksaan Agung RI ini tiada lain merupakan bagian dari upaya menjaga keberlangsungan kehidupan dan eksistensi organisasi, setelah melalui sebuah proses cukup panjang yang didasarkan pertimbangan matang, terukur, dan objektif, dengan memperhatikan berbagai aspek, Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Integritas, sebagai prasyarat utama yang harus dimiliki dan dipenuhi oleh seorang Insan Adhyaksa agar dinilai patut, layak, dan tepat untuk dipercaya menduduki posisi dan kapasitas sebagai bagian dari Unsur Pimpinan dan Pembantu Pimpinan, terutama dalam menghadapi dan mengatasi berbagai problematika, agar dapat diselesaikan dengan tepat, cepat, efektif, dan efisien, guna mewujudkan institusi Kejaksaan yang dapat diandalkan, tepercaya, dan berwibawa.

Untuk itu saya ucapkan selamat kepada saudara Setia Untung Arimuladi, S.H., M.Hum yang dilantik sebagai Wakil Jaksa Agung RI, saudara Tony Tribagus Spontana, S.H., M.Hum sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, dan saudara Dr. Fadil Zumhana, S.H., M.H. sebagai Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

 

Para pejabat baru yang saya hormati,

Untuk mewujudkan Kejaksaan sebagaimana yang diharapkan bersama, kepada saudara-saudara saya memberikan pokok penekanan tugas yang harus segera dilaksanakan yaitu:

  • kepada Wakil Jaksa Agung RI, sebagai unsur pimpinan diharapkan mampu berperan aktif dalam menyusun strategi kebijakan dan membantu pelaksanaan tugas pembinaan, pengembangan, dan penguatan organisasi Kejaksaan. Program Reformasi Birokrasi Kejaksaan tidak boleh berhenti, melainkan harus berjalan terus dan terimplementasi dengan konkrit untuk menciptakan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sebagaimana yang diharapkan, sehingga mampu memberikan hasil yang signifikan terhadap perubahan tata pikir (mindset), budaya kerja (culture set), dan perilaku (behaviour) segenap warga Korps Adhyaksa.
  • Kepada Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI, sebagai penanggung jawab dan pengelola kawah candradimuka pendidikan pembentukan bagi setiap Insan Adhyaksa, diharapkan mampu melaksanakan peran penting dalam menghasilkan SDM aparatur Kejaksaan yang profesional, tangguh, dan teruji, serta mampu berpikir dan berpandangan luas jauh ke depan, sekaligus memiliki sikap, integritas moral, dan mental yang disertai etos kerja dan disiplin tinggi, untuk mampu mewujudkan penegakan hukum yang mencerminkan rasa keadilan dan kebenaran.
  • Kepada Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang baru dilantik, saya mengharapkan saudara dapat memberikan kontribusi nyata dalam membantu Jaksa Agung agar dapat mencapai kinerja dan hasil kerja secara optimal untuk mengambil suatu kebijakan strategis dalam bidang perdata dan tata usaha negara, dengan menyelesaikan tugas-tugas khusus yang telah dipercayakan, serta memberikan masukan maupun pertimbangan yang produktif, kreatif, dan inovatif.

 

Bapak dan ibu saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan. Menutup amanat ini, saya kembali mengingatkan, agar saudara-saudara senantiasa menjadi tauladan yang dapat memberikan contoh dan motivasi yang baik bagi segenap jajaran untuk selalu memberikan kontribusi positif bagi institusi. Bekerjalah secara teamwork, sebagai satu kesatuan yang saling menguatkan, saling melengkapi, dan saling menyempurnakan, dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan tepat.

Dalam kesempatan yang membahagiakan ini tidak lupa saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para isteri yang dengan penuh ketekunan, kesabaran, dan ketulusan telah mendampingi dan menjaga pasangan masing-masing selama bekerja dan berkarya.

Terakhir, atas nama pribadi maupun atas nama Pimpinan Kejaksaan, saya mengucapkan selamat bertugas, disertai penghargaan dan apresiasi atas kinerja yang telah dicapai sebelumnya. Saya yakin penempatan saudara-saudara pada posisi yang baru akan semakin memberikan nilai tambah dan manfaat bagi kemajuan lembaga kita.

Semoga Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kita semua.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

 

 

BURHANUDDIN

 PIDATO JAKSA AGUNG
13-11-2020
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PELANTIKAN ANGGOTA SATUAN TUGAS KHUSUS PENANGANAN DAN PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI (SATGASSUS P3TPK)
26-10-2020
SAMBUTAN DAN PENGARAHAN JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA PEMBUKAAN RAPAT KERJA TEKNIS (RAKERNIS) BIDANG TINDAK PIDANA KHUSUS KEJAKSAAN RI TAHUN 2020
pidato lainnya
 BERITA
27-11-2020
Kejari Babel Menahan 2 (Dua) Tersangka Tipikor Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan
26-11-2020
Perkembangan Penyidikan Perkara Dugaan Tipikor Dalam Pengelolaan Keuangan Dan Dana Investasi Pada PT. Asuransi Jiwasraya
26-11-2020
Tim Penyidik periksa 7 Orang Dalam Dugaan Tipikor Penyalahgunaan Bantuan Dana Pemerintah Kepada Koni Pusat Tahun Anggaran 2017
berita lainnya
 SIARAN PERS
26-10-2020
Konferensi Pers Capaian Kinerja 1 (Satu) Tahun Jaksa Agung RI.
24-10-2020
PUBLIC SATISFACTION SURVEY, ATTORNEY GENERAL'S SUCCESSFUL PERFORMANCE
24-10-2020
SURVEY KEPUASAN PUBLIK, KINERJA JAKSA AGUNG MEMUASKAN
arsip siaran pers

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id