Minggu, 9 Agustus 2020


JAKSA AGUNG
REPUBLIK INDONESIA

AMANAT JAKSA AGUNG
PADA PENUTUPAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMBENTUKAN JAKSA (PPPJ) ANGKATAN LXXVI (76) TAHUN 2019

Jakarta, 11 Desember 2019

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

Yang Saya Hormati :
- Wakil Jaksa Agung RI;
- Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI, dan para Staf Ahli Jaksa Agung RI;
- Komisioner Komisi Kejaksaan RI;
- Para Pejabat Eselon II dan Eselon III di lingkungan Kejaksaan RI;
- Para Pengajar dan Widyaiswara;
- Para Jaksa Angkatan LXXVI (76) Tahun 2019 yang saya cintai dan saya banggakan, serta;
- Hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita senantiasa mengucapkan puji syukur kepada Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita diberi kesehatan dan berdiri penuh semangat, dalam rangka mengikuti acara Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) Angkatan LXXVI (76) Tahun 2019.
Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik menjadi Jaksa, setelah selama kurang lebih 6 (enam) bulan menjalani pendidikan di “kawah chandradimuka” Badan Diklat Kejaksaan RI untuk ditempa sebagai seorang Jaksa. Saya berharap ilmu pengetahuan dan pengalaman yang saudara terima dan pelajari harus senantiasa digunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan yang dimiliki.
Selain itu, berkenaan dengan penyelenggaraan diklat ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Diklat, beserta segenap jajarannya, Widyaiswara, dan Tenaga Pengajar atas upaya dan kerja keras dalam memberikan bimbingan, ilmu pengetahuan, serta pengalamannya kepada para peserta PPPJ, sehingga siap untuk diterjunkan ke berbagai tempat penugasan di seluruh wilayah Indonesia.

Para Jaksa baru yang saya cintai dan banggakan,
Di dalam menjalankan tugas-tugas penegakan hukum yang demikian luas, beragam, dan kompleks kelak, tidak dapat dihindari akan ditemukannya berbagai tantangan aktual berkenaan munculnya aneka ragam, corak dan modus berbagai tindak pidana yang terjadi, terlebih didukung dengan pemanfaatan sarana teknologi informasi yang canggih.
Untuk itu, saudara dituntut untuk bekerja secara cermat, cerdas, peka, dan arif, guna menyelaraskan diri dengan dinamika perkembangan agar mampu menangani tantangan dan kendala dalam tugas, demi terselenggaranya penegakan hukum yang mencerminkan keadilan, kepastian, dan kemanfaatan, serta berkorelasi positif untuk memastikan hadirnya tatanan kehidupan bermasyarakat yang aman dan tertib.
Disamping itu, saudara juga dituntut untuk merepresentasikan diri sebagai penegak hukum yang mampu sejalan dan selaras dengan visi dan komitmen pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Maju dalam penegakan hukum yang berkualitas dan mampu mendukung terciptanya keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang, dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Para Jaksa, Adhyaksa Muda yang saya cintai,
Di tengah kerja keras untuk memulihkan kepercayaan publik (public trust), kita juga harus jujur mengakui adanya sejumlah fakta dengan masih ditemukannya aparat penegak hukum Jaksa yang menyalahgunakan kewenangan dan melakukan tindakan tercela. Hal tersebut berdampak pada penilaian atas kinerja penegakan hukum yang terus menjadi sorotan dan mendapat kritik yang mengundang beragam sentimen negatif.
Berangkat dari persoalan tersebut, saya mengingatkan kepada saudara-saudara Jaksa baru agar senantiasa menjadi pelopor perubahan di tempat penugasan masing untuk turut serta secara proaktif guna mendorong dan menggerakkan perubahan pola pikir (mind set), tingkah laku dan tindakan (behaviour), dan budaya kerja (culture set) untuk menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari praktik-praktik menyimpang.
Hendaknya pula, saudara dapat berpartisipasi dengan optimal untuk memberikan kontribusi positif dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sebagaimana yang ingin kita raih dan wujudkan bersama, sebagai bagian dari upaya mempercepat terciptanya reformasi birokrasi yang secara konsisten sedang dan akan terus kita laksanakan.

Para Jaksa sekalian yang saya banggakan,
Mengakhiri amanat ini, selain dari beberapa hal yang telah diuraikan, maka perlu saya sampaikan pula beberapa arahan sebagai bekal bagi saudara dalam bertugas di tempat penugasan yang baru, sebagai berikut:
1. Tingkatkan kompetensi, kapasitas, dan kapabilitas agar mampu mengatasi segala tantangan dan hambatan demi terlaksananya penegakan hukum yang baik dan profesional;
2. Tanamkan integritas dan keyakinan untuk tidak melakukan perbuatan tercela dan menyimpang dalam melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang dimiliki;
3. Wujudkan tekad dan semangat untuk menghadirkan Kejaksaan yang bermartabat dan dipercaya melalui pemikiran, sikap, dan tindakan positif yang bermanfaat bagi masyarakat pencari keadilan;
4. Tumbuhkan dan pelihara soliditas dan kebersamaan dalam ikatan “Jaksa itu adalah satu dan tidak dapat dipisah-pisahkan (een en ondelbaar)”, guna optimalisasi pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan.
Akhirnya, saya ucapkan selamat jalan dan selamat bekerja. Jalankanlah tugas sebagai ladang pengabdian yang harus dilakukan dengan amanah dan ikhlas, yang kesemuanya tersebut akan dimintakan pertanggungjawabannya di akhirat nanti. Jagalah nama baik diri sendiri, keluarga, dan institusi selama bertugas.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa melimpahkan kekuatan dan kemudahan kepada kita dalam melaksanakan tugas dan pengabdian bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Sekian dan terima kasih.

Wabillahitaufiq walhidayah.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Om Santi Santi Santi Om,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA,


BURHANUDDIN

 

 PIDATO JAKSA AGUNG
06-08-2020
SAMBUTAN JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN ANTARA KEJAKSAAN RI DAN KEMENDAGRI
05-08-2020
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN SERAH TERIMA JABATAN KEPALA KEJAKSAAN TINGGI DAN PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI
pidato lainnya
 BERITA
06-08-2020
Jaksa Agung Gelar Rapid Test Covid-19 Drive THRU dan Bagi 2000 Paket Sembako secara Gratis
06-08-2020
Jaksa Agung bersama Mendagri melakukan Penandatanganan Kerjasama Koordinasi Tugas dan Fungsi Lingkup Kementerian Dalam Negeri dan Kejaksaan
05-08-2020
Kejari Depok Berhasil Melakukan Enam Perubahan Guna Pencapaian Zona Integritas Menuju WBK
berita lainnya
 SIARAN PERS
19-07-2020
JAKSA AGUNG RI MELANTIK PENGURUS ADHYAKSA SHOOTING CLUB PERIODE 2020 -2024 DI BADIKLAT KEJAKSAAN RI
17-07-2020
3 (TIGA) ORANG MANTAN PEJABAT PT. BANK SYARIAH MANDIRI PUSAT DIPERIKSA SEBAGAI SAKSI DALAM PERKARA DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI PEMBERIAN FASILITAS PEMBIAYAAN PT. BANK SYARIAH MANDIRI KEPADA PT. TANGJUNG SIRAM SIMALUNGUN SUMATRA UTARA
17-07-2020
PERKEMBANGAN PENYIDIKAN PERKARA DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAN DANA INVESTASI PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO)
arsip siaran pers

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id