Senin, 29 November 2021

SAMBUTAN

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PADA ACARA LAUNCHING WEBSITE DAN RAPAT KERJA PERSATUAN JAKSA INDONESIA PERIODE 2019-2021

 

Jakarta, 01 Februari 2019

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan,

Yang Saya Hormati,

  • Wakil Jaksa Agung RI;
  • Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI selaku Ketua Umum Persatuan Jaksa Indonesia (PJI);
  • Para Jaksa Agung Muda dan Plt. Jaksa Agung Muda Pembinaan;
  • Para Pengurus Pusat PJI, Pengurus Bidang, Pengurus Perwakilan, dan Pengurus Daerah di seluruh Indonesia; serta
  • Bapak, Ibu, dan Para hadirin yang saya hormati.

Dalam suasana penuh kebersamaan dan kehangatan ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena atas segala limpahan rahmat, karunia, perlindungan, dan bimbingan-Nya, kita semua dapat hadir dalam keadaan sehat wal‘afiat untuk dapat menyatukan tekad dan semangat dalam acara Launching Website Resmi PJI, yang kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Kerja Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) periode 2019-2021.

Menurut hemat saya momentum seperti ini memiliki nilai yang begitu signifikan dan penting, disamping untuk kepentingan dan kebutuhan yang mutlak diperlukan bagi pengembangan dan keberlangsungan eksistensi organisasi, kegiatan ini juga dapat dipandang sebagai wahana untuk selalu menegaskan khususnya bagi para pengurus dan segenap anggota bahwa keberadaan PJI semata-mata harus mampu menempatkan dirinya sebagai aset pembaharu di bidang penegakan hukum, terlebih di tengah upaya untuk memenuhi harapan dan ekspektasi masyarakat yang mendambakan hadirnya kebenaran, keadilan, kepastian, dan kemanfaatan hukum.

Berkenaan dengan itu, atas nama pimpinan institusi maupun selaku pelindung PJI, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Panitia Pelaksana yang telah bekerja keras mencurahkan segala tenaga, waktu, dan pikiran demi terselenggaranya acara ini.

Saudara-saudara segenap anggota PJI dan hadirin sekalian,

Berbagai upaya terobosan untuk membangun dan menjembatani penyampaian mengenai informasi dan penjelasan berkenaan berbagai hal tentang apa dan bagaimana segenap jajaran Kejaksaan yang sedang, telah, dan akan melaksanakan tugas pengabdiannya, adalah merupakan sebuah kebutuhan mutlak yang harus senantiasa dilakukan. Terlebih dengan beragam dan maraknya pemberitaan berkonten negatif yang acapkali mendiskreditkan seraya mendelegitimasi kinerja Kejaksaan, yang dengan demikian kerap memunculkan stigma dan pada gilirannya menurunkan citra serta marwah institusi di mata masyarakat.

Untuk itu, pemanfaatan teknologi informasi yang ditandai dengan hadirnya website PJI ini, kita yakini merupakan langkah progresif dan positif yang diharapkan mampu menghadirkan serta menyajikan informasi yang tepat, akurat, dan aktual, yang tidak hanya ditujukan bagi sesama anggota PJI dimanapun berada, melainkan juga turut menyediakan pengetahuan, pemahaman, dan pemberitaan yang benar bagi masyarakat yang berkaitan dengan kinerja Kejaksaan, dan organisasi PJI sendiri, maupun yang berkaitan dengan isu-isu aktual  penegakan hukum.

Terlebih dalam website tersebut turut juga menyediakan forum diskusi, yang dengan konten tersebut, diharapkan para anggota PJI dapat berpartisipasi secara aktif dan interaktif guna menggali sebanyak mungkin informasi atas berbagai kendala aktual yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan tugas keseharian, yang dengan demikian akan muncul problem solving yang tepat, terukur, dan aplikatif.

Segenap Peserta Munas PJI yang Saya Banggakan,

Eksistensi keberlangsungan PJI sebagai wadah organisasi profesi jaksa yang menghimpun, menyatukan, dan menaungi para jaksa di seluruh Indonesia, sudah barang tentu senantiasa dituntut untuk terus berkarya dan berinovasi secara dinamis dengan mengikuti perkembangan yang ada. Guna mewujudkan cita-cita, niat, dan keinginan baik tersebut, maka diperlukan suatu landasan formulasi yang tepat dalam rencana dan program kerja PJI ke depan untuk menjadi dasar dan pedoman bagi seluruh anggota PJI dalam menjalankan organisasi.

Untuk itu ada beberapa hal yang sekiranya perlu diperhatikan sebagai dasar pijak dalam penyusunan program dan rencana kerja yang dapat diarahkan dan ditujukan pada hal-hal antara lain sebagai berikut: Pertama, membangun dan mengembangkan wawasan, kompetensi, serta kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) para Jaksa yang bertujuan untuk mengubah pola pikir (mind set), tingkah laku (behaviour), sikap mental, dan budaya kerja (culture set), dalam rangka pelaksanaan tugas dan kewenangan secara profesional, bermartabat, dan beretika. Dengan demikian kita yakin dan optimis para Jaksa sebagai bagian dan anggota PJI akan dapat tegak berdiri di garda terdepan menjadi penyangga dan pemilik sebuah bangunan kokoh Kejaksaan yang menjadi wadah segenap warga Korps Adhyaksa dalam melaksanakan tugas pengabdiannya selaku penegak hukum yang bertekat bulat akan sanggup memberikan keadilan, kepastian, dan kemanfaatan hukum.

Kedua, membangun dan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Jaksa sebagai profesi yang terhormat melalui program yang mampu memotivasi dan merevitalisasi performa profesi Jaksa agar sejalan, menjiwai, dan mengamalkan Doktrin Tri Krama Adhyaksa. Sehingga melalui performa sedemikian, maka dipastikan akan memberi dampak sangat positip terbangunnya aspek yang sangat esensial bagi terbentuknya profil Jaksa yang selalu ditunggu, diperlukan, diinginkan, diperhitungkan dan diharapkan keberadaannya oleh publik.

Ketiga, meneliti, mengkaji, dan menelaah setiap perkembangan hukum yang semakin dinamis dengan ditandai adanya berbagai perubahan norma hukum, serta dihadapkan pada sejumlah kendala atas adanya disharmoni peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis masing-masing lembaga peradilan, yang membawa perubahan cukup signifikan, serta mewarnai dan memengaruhi upaya penegakan hukum. Sehingga keberadaan PJI mampu menjadi bagian yang integratif dalam mengantisipasi segala kemungkinan hambatan dan kendala yang akan dihadapi serta mencari solusi yang tepat sehingga mampu mencapai hasil yang optimal.

Keempat, membangun suasana kekeluargaan, kebersamaan, dan tolong menolong satu sama lain, sebagaimana layaknya sebuah keluarga dalam rumah besar Korps Adhyaksa. Terlebih berupaya dalam pemberian bantuan pendampingan dan advokasi bagi anggota yang sedang menghadapi persoalan, pelanggaran etika, pelanggaran disiplin, dan pelanggaran hukum. Pendampingan yang tentunya bukan serta merta untuk membenarkan sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang salah, namun lebih dimaksudkan untuk menjaga hak-hak mereka agar sesuai dengan prinsip presumption of innocence, sehingga proses persidangan berlangsung secara fair dan sanksi yang dijatuhkan benar-benar adil dan layak sesuai jenis, derajat, dan tingkat kesalahan yang terbukti dilakukan.

Para Jaksa yang saya cintai dan banggakan,

Mengakhiri sambutan ini, saya menaruh harapan besar melalui rapat kerja ini kiranya dapat merumuskan rekomendasi rencana dan program kerja strategis dan aplikatif yang bermanfaat bagi pembentukan karakter, sikap, tindak tanduk dan perilaku anggotanya agar semakin mampu dan mau menjaga integritas, bersikap profesional, penuh tanggung jawab, serta dapat mengaktualisasikan dirinya sebagai Jaksa dan bagian dari insan Adhyaksa yang baik, teruji, terpuji, dan mumpuni dalam menghadapi setiap tuntutan, perubahan dan dinamika hukum baik di tataran nasional maupun internasional, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat (public trust) terhadap profesi Jaksa akan semakin meningkat.

Demikian beberapa hal yang ingin saya sampaikan, akhirnya dengan mengucapkan “Bismillaahirrohmanirrohim”, saya resmikan penggunaan website: pji.kejaksaan.go.id., dan dengan ini pula Rapat Kerja Pengurus PJI Periode 2019-2021 secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa meridhoi dan memberkahi upaya kita semua dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Aamiin.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita sekalian,

Om shanti shanti shanti om,

Namo Buddhaya.

Salam Kebajikan,

 

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

 

H.M. PRASETYO

 PIDATO JAKSA AGUNG
17-02-2021
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN SERAH TERIMA JABATAN KEPALA KEJAKSAAN TINGGI DAN PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI
21-12-2020
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN SERAH TERIMA JABATAN PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI
pidato lainnya
 BERITA
26-11-2021
Kejaksaan Negeri Semarang Kembali Selamatkan Aset Milik Pemkot Semarang
26-11-2021
Jaksa Agung Republik Indonesia Menyaksikan Penyampaian Surat Keputusan Penghentian Penuntutan di Kejaksaan Tinggi Sumsel
26-11-2021
Tim Tabur Kejagung Bersama Tim Tabur Kejati Papua Barat Berhasil Mengamankan Tersangka (BT) Buronan Tipikor Kejari Sorong
berita lainnya
 SIARAN PERS
28-11-2021
JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA MEMBERIKAN ATENSI KHUSUS DAN MEMERINTAHKAN KAJATI DAN KAJARI UNTUK MEMBENTUK TIM KHUSUS MENANGGULANGI MAFIA TANAH DAN MAFIA PELABUHAN, GUNA MEMBERIKAN PERLINDUNGAN DAN KEPASTIAN HUKUM SERTA MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONO
28-11-2021
JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA MENGINGATKAN JAJARAN KEJAKSAAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN KEWENANGANNYA TIDAK HANYA BERINTEGRITAS DAN PROFESIONALISME, NAMUN JUGA BERHATI NURANI UNTUK MEWUJUDKAN PENEGAKAN HUKUM YANG BERKEADILAN DAN DIRASAKAN MANFA
26-11-2021
JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA MENYAKSIKAN PENYAMPAIAN SURAT KEPUTUSAN PENGHENTIAN PENUNTUTAN (SKP2) ATAS PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF DI WILAYAH HUKUM KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA SELATAN
arsip siaran pers

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id

 

Untuk teknis webiste

PUSAT DATA STATISTIK KRIMINAL DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Telpon/Fax : +62 21 27097095
Email : webmaster@kejaksaan go.id

Isi situs bersifat informatif, bukan merupakan legal opinion dari Kejaksaan RI. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data paper based, maka yang menjadi acuan adalah data paper based.