Sabtu, 4 April 2020

 

JAKSA AGUNG

REPUBLIK INDONESIA

 

SAMBUTAN

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PADA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN (HUT) KE-5 

RSU ADHYAKSA

Jakarta, 25 September 2019

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan.

 

Yang saya hormati :

 

  • Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI;
  • Gubernur DKI Jakarta;
  • Wakil Jaksa Agung, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan R.I. dan Para Staf Ahli Jaksa Agung RI;
  • Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta beserta segenap jajarannya;
  • Direktur Rumah Sakit Umum Adhyaksa beserta jajarannya;
  • Walikota Jakarta Timur;
  • Para Pejabat Eselon II di Lingkungan Kejaksaan Agung RI;
  • Para Undangan, Bapak, Ibu, dan Hadirin yang berbahagia,

 

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat, perlindungan, dan karunia yang dianugerahkan kepada kita semua, sehingga hari ini kita dapat hadir pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Rumah Sakit Umum (RSU) Adhyaksa yang di tahun ini menapaki usianya yang ke-5 (kelima). 

Di tengah usianya yang masih tergolong muda, kita patut berbangga dengan penuh apresiasi, bahwa setidaknya keberadaan Rumah Sakit Adhyaksa kebanggaan kita ini mampu menjadi pilar penting dalam upaya bersama untuk merealisasikan salah satu hak dasar masyarakat sebagaimana termaktub dalam konstitusi kita bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Peran yang ditunjukkan RS Adhyaksa ini sejatinya mengandung makna bahwa negara senantiasa terus menerus melaksanakan kewajiban untuk hadir dan proaktif dalam mengupayakan kualitas kesehatan terbaik, merata, dan modern bagi seluruh rakyatnya. Yang dengan itu semua kita sadari bahwa kesehatan tidak lain merupakan suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis, sehingga menjadi investasi strategis dalam upaya optimalisasi pembangunan manusia yang berkorelasi secara positif dengan peningkatan kualitas pertumbuhan pembangunan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

 

Para Undangan dan Hadirin yang Saya Hormati

Selain dirasakan manfaatnya dalam memberikan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum dan khususnya bagi para pegawai Kejaksaan, tentunya keberadaan RSU Adhyaksa yang mulai dibangun pada tanggal 13 Desember 2010 lalu tetap senantiasa mengemban misi yang masih berkaitan dengan tugas dan fungsi institusi terutama dalam  mendukung kelancaran proses penegakan hukum yang dilakukan oleh Aparatur Kejaksaan.

Hal tersebut khususnya terlihat dalam hal pemeriksaan kesehatan baik fisik maupun mental para tersangka, terdakwa, terpidana yang sedang dan telah menjalani proses peradilan pidana, terutama dalam hal mempermudah dilakukannya pengawasan, pengamanan, berkaitan diketahuinya kondisi kesehatan mereka yang sebenar-benarnya. Sebab hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter rumah sakit akan dijadikan rujukan bagi penegak hukum dalam mengetahui dan menentukan kondisi kesehatan seorang tersangka, terdakwa maupun terpidana untuk penentuan kebijakan perawatan, pengobatan dan sebagainya. Melalui pemeriksaan kesehatan yang objektif ini pula para tersangka, terdakwa, atau terpidana tidak bisa lagi mangkir dari pemeriksaan atau pelaksanaan eksekusi dengan alasan pura-pura sakit.

 

Bapak, Ibu, Para Hadirin yang berbahagia,

Beberapa perkembangan menggembirakan juga patut rasanya kita syukuri di tengah keterbatasan yang ada. Terlebih sebagai bagian dari keinginan baik dan ikhtiar bersama guna memperbaiki dan meningkatkan fasilitas rumah sakit agar sesuai dengan standar pelayanan dan persyaratan mutu, berbagai upaya tengah dan akan terus kita dilakukan untuk mengembangkan dan membesarkan RS Adhyaksa, diantaranya melalui pembangunan dan perluasan bangunan gedung di tengah lahan seluas 4000 (empat ribu) m untuk memenuhi kebutuhan perparkiran dan juga rencana tambahan bangunan gedung rawat inap baru, guna memberikan pelayanan maksimal kepada pasien yang tidak kurang dari 500 (lima ratus) orang dan melakukan tindakan operasi rata-rata 10 (sepuluh) tindakan operasi setiap harinya.

Di samping itu, di saat yang bersamaan pula, kita juga tak henti-hentinya terus berusaha untuk melengkapi RSU ini dengan berbagai fasilitas, dan alhamdulilah harapan demikian berjalan, bahkan telah berkembang menjadi lebih baik dengan semakin lengkap sekaligus modern-nya sarana dan prasarana yang diperlukan, dengan dimikinya peralatan operasi yang lengkap, peralatan CT Scan, perlengkapan cuci darah hemodealisis, kamar operasi yang representatif, maupun beberapa mobil ambulance baru yang merupakan bantuan dari Menteri Kesehatan dan Bank Mandiri. Dan dalam waktu dekat mudah-mudahanan rumah sakit kita juga akan segera memiliki perlengkapan MRI untuk kepentingan pemeriksaan kesehatan yang modern yang tidak dimiliki oleh setiap rumah sakit. Semua tambahan kelengkapan yang diperoleh sebagian besar melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) ini adalah juga merupakan sebuah perhatian dan penghargaan yang disampaikan kepada lembaga Kejaksaan.

Selai itu juga RS kita tengah berupaya terus meningkatkan sumber daya manusia melalui upaya mencari, serta mengajak bergabung dokter-dokter spesialis dan tenaga medis yang diperlukan. Dan syukur Alhamdulilah melalui penerimaan pagawai baru kepada Menteri PAN RB, kita secara bertahap telah memperolehnya.

 

Bapak, Ibu, Hadirin dan Warga RS Adhyaksa yang berbahagia,

Kita patut bersyukur pula bahwa keberlangsungan RS Adhyaksa yang kita banggakan ini tidak akan optimal tanpa adanya komitmen dan sinergi yang saling melengkapi dari berbagai pihak. Oleh karena itu, di tengah rasa syukur ini, baik secara pribadi maupun atas nama pimpinan Kejaksaan RI, dengan segenap ketulusan hati saya menyampaikan apresiasi dan pujian serta rasa terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang terlibat dan turut andil dalam memastikan RS ini berjalan untuk memenuhi harapan dan mimpi besarnya.

Pada kesempatan ini pula, tidak lupa saya memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada segenap jajaran manajemen RSU Adhyaksa, para dokter dan para petugas medis atas kinerja positif dalam memberikan pelayanan yang baik, serta pihak-pihak lainnya, terlebih kepada segenap jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra yang telah turut menjadi bagian dalam upaya pengelolaan RSU ini menuju ke arah kemajuan.

Apresiasi yang sama juga saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah mencurahkan pikiran, tenaga, maupun waktunya dalam penyelenggaraan kegiatan ini agar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kita bersama.

 

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Demikianlah beberapa hal yang saya anggap perlu untuk disampaikan pada kesempatan yang baik ini. Kita berharap semoga Hari Ulang Tahun RSU Adhyaksa yang ke-5 (kelima) dapat menjadikan momentum untuk peningkatan pelayanan kesehatan yang bermutu, optimal, bermanfaat, dan semakin mendapat tempat tidak hanya khususnya kepada pegawai Kejaksaan yang membutuhkan, namun juga di hati semua kalangan masyarakat. 

Dirgahayu Rumah Sakit Umum Adhyaksa!

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian.

Om Santi Santi Santi Om.

Namo Budhaya.

Salam Kebajikan.

   

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

Dr.  (H. C.) H. M. PRASETYO

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id