Kamis, 19 September 2019

SAMBUTAN

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PADA ACARA ADHYAKSA LAW FESTIVAL DALAM RANGKA HBA KE-59 TAHUN 2019


Jakarta, 18 Juli 2019

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat Siang dan Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan,

Yang Saya Hormati :
- Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia;
- Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan Republik Indonesia, dan para Staf Ahli Jaksa Agung Republik Indonesia;
- Ibu Ketua Umum, beserta segenap pengurus dan anggota Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Pusat dan Daerah;
- Ketua Umum Panitia Hari Bhakti Adhyaksa Ke-59 Tahun 2019;
- Para Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Badan Diklat Kejaksaan RI;
- Para peserta Adhyaksa Law Festival yang saya banggakan; serta
- Para undangan dan seluruh Hadirin yang berbahagia.

Di tengah suasana yang penuh rasa kebersamaan ini, pertama-tama sudah selayaknya kita harus mensyukuri segala nikmat dan karunia Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang telah memberikan kekuatan dan kesehatan kepada kita sehingga pada siang hari ini dapat hadir pada acara Adhyaksa Law Festival tahun 2019 dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59.

Acara yang dikemas dengan pameran fotografi, inovasi, dan produk unggulan lainnya ini, menurut hemat saya merupakan wahana yang tepat untuk menunjukkan karya dan karsa warga Adhyaksa, sebagai wujud dedikasi dan komitmen dan ikhtiar bersama dalam upaya penataan, pembenahan, perbaikan, perubahan, dan penyempurnaan lembaga, guna mewujudkan citra diri yang dapat menunjukkan gambaran positif tentang institusi kita di mata publik. Wajah Kejaksaan yang diharapkan dapat menunjukkan eksistensi, aroma kebaikan sebagai komponen penegakan hukum yang berkualitas, bermartabat, tepercaya, terlebih senantiasa peka terhadap tuntutan perkembangan zaman.

Saya bersyukur, bahwa kita semua yang berkumpul di tempat ini masih memiliki antusiasme yang tinggi dan kesamaan visi untuk tetap proaktif dalam memajukan dan meningkatkan performa kinerja melalui karya-karya inovatif dan produk unggulan lainnya, sehingga kedepan output yang dihasilkan dapat secara nyata dirasakan manfaatnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berkenaan dengan hal tersebut, saya mengapresiasi seluruh jajaran Panitia pelaksana beserta pihak-pihak terkait yang telah mewujudkan penyelenggaraan acara ini sehingga sesuai dengan maksud dan tujuan sebagaimana yang diharapkan bersama. Tidak terkecuali, apresiasi dan terima kasih saya sampaikan kepada para peserta yang telah turut berpartisipasi dan menyemarakkan festival ini.

Hadirin dan segenap Insan Adhyaksa yang berbahagia,

Fenomena pesatnya perubahan zaman yang akhir-akhir ini terjadi begitu cepat, tidak terduga, tidak linier, dan juga keluar dari pola tata cara yang mapan, suka atau tidak suka, siap atau tidak siap merupakan realitas yang niscaya harus kita terima dan hadapi. Fenomena tersebut pada akhirnya tak terkecuali mengubah tatanan lanskap ekonomi, sosial, budaya, dan aspek lainnya secara masif, tanpa batas, tanpa terikat ruang dan waktu.
Mendasari hal sedemikian, perubahan tersebut seyogianya haruslah kita pandang sebagai sebuah momentum dan peluang kita bersama untuk mengubah perspektif, cara berpikir dan cara bersikap dalam merancang, merencanakan, memformulasikan, dan pada akhirnya menentukan pilihan tindakan atau hal-hal yang dianggap tepat dan memadai, terlebih untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari yang pernah dilakukan sebelumnya, guna merespons berbagai kebutuhan baru yang mendesak sebagai implikasi dari setiap gerak perubahan.

Untuk itu, tidaklah berlebihan jika pada kesempatan ini saya kembali menyerukan kepada kita semua untuk senantiasa berupaya mengembangkan kemampuan, kompetensi, dan kapabilitas, untuk menjadi insan Adhyaksa yang lebih kreatif dan inovatif, serta siap mengaktualisasikan berbagai strategi dan lompatan pemikiran baru melakukan berbagai terobosan dalam mengatasi setiap persoalan dan permasalahan guna menentukan alternatif solusi, jalan keluar pemecahan, dan tujuan akhir pencapaian yang jelas, positif, dan baik.
Dengan demikian, kita yakini acara ini merupakan kesempatan baik yang dapat dinyatakan dan digunakan sebagai momen untuk memantapkan sekaligus mengukuhkan bahwa setiap Karsa dan Karya Nyata Kejaksaan RI tidak lain ditujukan untuk menunjukkan kehadiran Kejaksaan secara aktual dan ajeg ditengah-tengah masyarakat setiap saat dibutuhkan, terlebih sumbangsih yang harus kita berikan bersama-sama guna mewujudkan Indonesia Unggul.

Saudara-saudara Segenap Insan Adhyaksa yang saya banggakan,

Mengakhiri sambutan ini, saya ucapkan selamat mengikuti Adhyaksa Law Festival Tahun 2019, semoga acara ini menjadi sumber inspirasi yang dapat mengilhami dan memotivasi sekaligus menginisiasi saudara-saudara sekalian, untuk dapat segera turut berkontribusi dalam menghadirkan berbagai inovasi dan kreatifitas lainnya guna meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya bagi masyarakat pencari keadilan, sehingga ke depannya institusi Kejaksaan yang kita cintai ini akan mampu benar-benar diinginkan, diperhitungkan, dihargai, dihormati, dan dibanggakan.
Akhirnya dengan mengucapkan ”Bismillaahirrohmanir-rohim” Adhyaksa Law Festival Tahun 2019 secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kita dalam melaksanakan tugas dan pengabdian bagi Bangsa dan Negara.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita sekalian.
Om shanti shanti shanti om.
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan,


JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA


H.M PRASETYO

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id