Sabtu, 4 April 2020

SAMBUTAN JAKSA AGUNG RI

PADA PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN DAN PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA

KEJAKSAAN RI DENGAN PT PEGADAIAN (PERSERO)

Jakarta, 07 November 2018

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam Sejahtera bagi kita sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Budhaya,

Salam Kebajikan.

 

Yang saya hormati:

  • Direktur Utama PT Pegadaian (Persero)Beserta Jajaran;
  • Wakil Jaksa Agung RI;
  • Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI dan para Staf Ahli Jaksa Agung RI;
  • Para Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Kejaksaan RI;
  • Para Kepala Kejaksaan Tinggi dan Warga Korps Adhyaksa serta segenap jajaran PT Pegadaian (Persero) di seluruh Indonesia yang menyaksikan acara ini melalui video conference; serta
  • Hadirin sekalian yang berbahagia.

Di tengah suasana kebersamaan seperti sekarang ini selayaknya kita harus bersyukur kepada Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Besar, atas segala karunia yang telah kita dapatkan, berupa peluang dan kesempatan untuk dapat berbuat dan berkarya, yang untuk itu hari ini kita telah menyatukan tekad dan semangat, bersepakat menyelenggarakan kerjasama dalam bingkai “Nota Kesepahaman antara Kejaksaan Republik Indonesia dengan PT Pegadaian (Persero) berkenaan Koordinasi Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi”.

Nota Kesepahaman ini selanjutnya telah pula kita tindaklanjuti dengan membuat jalinan Perjanjian Kerja Sama antara beberapa komponen jajaran kerja Jaksa Agung Muda Intelijen, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, dan Jaksa Agung Muda Pembinaan bersama dengan Direktur Sumber Daya Manusia dan Hukum PT Pegadaian (Persero), sebagai sebuah kerangka landasan bagi implementasi dan pelaksanaan hubungan koordinasi yang sinergis untuk membangun kesiapan dan persiapan bersama, menghadapi berbagai kemungkinan persoalan dan permasalahan yang setiap saat bisa saja dengan tiba-tiba terjadi yang diyakini akan lebih mudah diatasi dan diselesaikan bila dihadapi dan ditangani bersama. Agar dengan demikian mencegah tidak menjadi semakin berkembang dan berlarut yang selanjutnya akan sangat berpengaruh bagi upaya mewujudkan visi dan misi yang ada.

Untuk itu, Kejaksaan memandang penting, setiap kali dibuatnya Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan banyak pihak seperti yang sedang kita lakukan sekarang ini, lebih dilatar belakangi dan didorong kesadaran untuk memikul tanggung jawab selaku institusi penegak hukum yang wajib menjaga dan mengawal akselerasi pelaksanaan dan keberhasilan program-program pembangunan nasional yang menjadi harapan besar masyarakat. Oleh sebab itu, maka melalui Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama yang kita buat kali ini pun hendaknya kita maknai menjadi sebuah komitmen, kesungguhan tekad dan semangat bersama agar lebih efektif dalam bertindak, berkoordinasi dan berkolaborasi ketika menghadapi berbagai permasalahan dan persoalan yang berpotensi mengganggu dan menggagalkan tujuan, tanggung jawab tugas dan fungsi kita, yang tidak jarang dirasakan demikian rumit, pelik dan kompleks.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Pada kesempatan ini, selaku pimpinan Kejaksaan RI, saya juga ingin menyampaikan penghargaan kepada Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Bapak Sunarso beserta segenap jajaran dan kepada kita semua atas kesadaran tentang urgensi dan perlunya jalinan hubungan kerjasama dan koordinasi formal yang lebih terstruktur dan terarah di antara lembaga Kejaksaan dengan PT Pegadaian (Persero) ini, yang semua itu dianggap merupakan tanggung jawab dan sebuah kebutuhan, sebagai manifestasi konsistensi dan kesadaran kita untuk memperkuat komitmen betapa hubungan kerjasama sinergis lintas sektoral, yang dilandasi dengan semangat keterbukaan, untuk saling mendukung, saling menjaga, saling memperkuat, saling mengisi dan saling melengkapi, dalam melaksanakan program-program pembangunan nasional diberbagai bidang, termasuk diantaranya pembangunan perekonomian saat ini, menjadi sebuah keharusan dan keniscayaan.

Saudara-saudara sekalian segenap warga PT Pegadaian dan warga Adhyaksa dimanapun berada,

Sebagai salah satu entitas bisnis dalam sistem perekonomian nasional, Pegadaian telah memberikan kontribusi penting, terutama peran yang sangat vital dan strategis sebagai agen inklusi keuangan terutama dalam memberikan solusi keuangan bagi sebagian besar rakyat kebanyakan, usaha mikro, kecil dan juga usaha menengah untuk memenuhi kebutuhan mendesak berkenaan masalah keuangan dan modal usaha. Di samping itu, fungsi Pegadaian dalam pelaksanaan kegiatan usaha berupa penyaluran kredit berdasarkan hukum gadai dan fidusia baik secara konvensional maupun syariah dan jasa di bidang keuangan lainnya, juga telah memberikan kontribusi nyata sebagai salah satu sumber penerimaan negara dalam bentuk dividen.

Peran dan kontribusi seperti itu tentunya patut dibarengi dengan upaya memperkuat posisi dan gerak langkah operasional dalam menjalankan usaha, disesuaikan berbagai peluang dan tantangan di tengah kondisi dan era kompetisi yang demikian tajam dan keras seperti sekarang ini. Terlebih antara lain mengingat saat ini kita dihadapkan dengan adanya revolusi industri generasi keempat (the fourth industrial revolution) yang telah menciptakan era disrupsi sebagai sebuah tatanan baru yang suka atau tidak suka, siap atau tidak siap harus dihadapi. Karena hal tersebut tidak hanya membawa pengaruh terjadinya perubahan yang begitu cepat, tidak terduga, dan tidak linier tetapi juga telah keluar dari pola tata cara konvensional yang sudah ada. Fenomena digitalisasi dan kecanggihan teknologi di mana konektivitas antara manusia, mesin dan data, dengan begitu mudah dapat menembus batas teritorial dan menyentuh segenap aspek kehidupan juga mesti dihadapi.

Dalam realitas objektif, platform digital dan kecanggihan teknologi telah membuat masyarakat semakin merasakan berbagai manfaat dan kemudahan berinteraksi dan bertransaksi secara online dan cepat tanpa dibatasi ruang dan waktu termasuk perkembangan layanan keuangan digital atau financial technology (fintech) yang tidak hanya menawarkan proses transaksi pembayaran, penyimpanan, transfer, ataupun jual-beli saham, tetapi juga telah menyasar kepada peminjaman uang dan kredit.

Fenomena sedemikian secara signifikan telah mengubah pola pikir (mindset) masyarakat, dimana transaksi konvensional perlahan mulai ditinggalkan dan berpaling ke transaksi digital yang penuh inovasi dan kreativitas, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berbagai aktivitas bisnis lainnya.

Seiring dengan perubahan tersebut, terlebih menghadapi disrupsi dalam persaingan di bidang bisnis seperti ini, PT Pegadaian pun sudah barang tentu dihadapkan pada upaya dan kebutuhan untuk berbenah, menata, menyelaraskan diri mendesain ulang dan melakukan transformasi untuk memiliki keunggulan kompetitif agar tetap eksis dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Kita semua berharap upaya tersebut dapat memberi penguatan dan potensi yang membuat PT Pegadaian sebagai kepanjangan tangan negara dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Saudara-saudara, Para Hadirin sekalian yang berbahagia,

Untuk mewujudkan PT Pegadaian seperti itu, sudah semestinya menjadi perhatian bersama. Oleh sebab itu pula maka sekali lagi, dibuatnya Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini adalah merupakan langkah tepat sebagai bagian mewujudkan harapan dimaksud, melalui upaya membangun hubungan koordinasi dan kerjasama sinergitas guna mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi yang kita emban masing-masing dan bersama-sama.

Karenanya, perlu dipahami kembali lebih dalam bahwa sinergitas dan kerjasama dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing dan bersama kita tersebut dikemas dalam ruang lingkup meliputi Koordinasi dan Optimalisasi Pemulihan Aset; Pengawalan, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan; Pemberian Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, dan Tindakan Hukum Lain di Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN); Pertukaran Data/Informasi Terkait Penegakan Hukum; Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM); dan Pelayanan Jasa Pegadaian.

Dan agar lebih mengoptimalkan penjabaran dan pelaksanaannya, maka sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman kita ini telah kita rangkai dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama yang lebih rinci dan terarah dalam berbagai jenis kegiatan sesuai kepentingan dan keperluan.

Salah satunya berkenaan Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani bersama tadi, antara Jaksa Agung Muda Intelijen dengan Direktur SDM dan Hukum Pegadaian tentang Pengamanan Pembangunan Strategis di PT Pegadaian (Persero). Yang dalam hal ini, ingin saya sampaikan bahwa penegakan hukum yang dilakukan jajaran Kejaksaan di era sekarang ini memang tidak semata-mata hanya mengedepankan aspek represif penindakan, melainkan akan juga menekankan perlu dilakukannya upaya preventif pencegahan. Berangkat dari paradigma dan pendekatan hukum sedemikian, maka kehadiran Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4) merupakan sebuah kebijakan dan langkah konkret jajaran Kejaksaan untuk berkontribusi, berperan aktif dan positif mendampingi, mengawal, dan mengamankan pembangunan dan misi strategis dalam hal ini dilingkungan PT Pegadaian agar dapat merlangsung dengan baik, tepat sasaran, tepat manfaat dan kegunaannya.

Selain itu, melalui Perjanjian Kerja Sama antara Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum dengan Direktur SDM dan Hukum PT Pegadaian tentang Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dalam Mendukung Optimalisasi Penanganan Perkara Tindak Pidana Umum, maka diharapkan masing-masing pihak akan dapat lebih mudah berkoordinasi dan bekerjasama ketika harus melaksanakan proses penegakan hukum terutama dalam rangka penelitian, penghadiran, dan pengelolaan barang-barang berharga yang menjadi obyek dan dijadikan bukti yang memerlukan penyimpanan dan penanganan khusus serta tindakan hukum lain pada tahap penuntutan dan eksekusi suatu perkara.

Sedangkan Perjanjian Kerjasama antara Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara dengan Direktur SDM dan Hukum Pegadaian tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, dalam kesempatan ini secara lebih khusus dapat disampaikan bahwa Kejaksaan dalam kapasitas selaku Pengacara Negara, dapat memberikan Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, dan Tindakan Hukum Lain baik di dalam maupun di luar pengadilan mewakili PT Pegadaian dalam posisi baik selaku Tergugat maupun Penggugat terkait masalah hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Dan hal lain yang tidak kalah penting adalah Perjanjian Kerjasama antara Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung RI dengan Direktur SDM dan Hukum PT Pegadaian tentang Optimalisasi Kegiatan Pemulihan Aset. Tiada lain karena, semakin disadarinya bahwa paradigma dalam memerangi kejahatan saat ini tidak lagi harus hanya tertuju pada upaya menghukum para pelaku kejahatan (follow the suspect), melainkan juga harus semaksimal mungkin menyelamatkan dan memulihkan keuangan/kekayaan negara maupun aset negara yang ditimbulkan dari tindak pidana sebagai langkah dan pendekatan follow the money dan follow the asset untuk merampas sekaligus memotong aliran uang dan barang hasil kejahatan.

Dengan ruang lingkup cakupan kerja sama sedemikian, maka kita semua optimis dan percaya bahwa bersama-sama kita akan menjadi bagian integratif bagi terlaksananya tugas dan fungsi masing-masing secara optimal, baik, efektif, efisien dan benar. Oleh karenanya saya mengajak, marilah Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini dapat kita aplikasikan sebagai sarana penguatan dan kesungguhan, untuk mengeliminir dan mengatasi berbagai kendala, hambatan dan pencegah peluang terjadinya penyimpangan yang berpotensi merugikan atau mengurangi performa kinerja dalam upaya bersama menjaga dan menyukseskan terselenggaranya transformasi bisnis perusahaan, untuk meningkatkan peran dan fungsi PT Pegadaian sebagai salah satu agen pembangunan nasional yang benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Sesuai pula dengan janji, tekad yang menyimpan banyak harapan bahwa PT Pegadaian akan tampil dilini terdepan dalam “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”. Agar dengan demikian PT Pegadaian mampu membuktikan dirinya sebagai Dewa Penolong, Penyelamat dan sahabat bagi masyarakat yang sedang membutuhkan, yang itu ditentukan kesejatiannya dari sejauh mana kesiapan dan keberadaannya pada setiap saat diperlukan, baik disaat senang maupun malang.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Beserta Hadirin Sekalian Yang Saya Hormati,

Menyudahi sambutan ini, sekali lagi saya menyampaikan harapan dan ajakan marilah kita jaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya kesepahaman dan hubungan kerjasama kita ini. Bahwa apa yang telah kita prakarsai dan sepakati ini semata-mata adalah guna mewujudkan harapan menciptakan harmonisasi dalam menjalankan pengabdian bagi masyarakat bangsa dan negara yang menjadi tugas, kewajiban dan tanggung jawab kita bersama Karenanya Nota Kesepahaman maupun Perjanjian Kerja Sama ini hendaknya kita jadikan dasar, acuan dan pegangan serta komitmen dalam pelaksanaan kegiatan nyata di lapangan secara sungguh-sungguh.

Akhirnya, disaat yang baik dibuatnya Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama ini terasa menjadi semakin bermakna dan istimewa, karena pada tanggal dan hari ini merupakan Hari Ulang Tahun Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Bapak Sunarso. Untuk itu kita mengucapkan Selamat Ulang Tahun disertai doa semoga panjang umur, tetap sehat dan sukses dalam memikul beban tugas, tanggung jawab, amanah dan kepercayaan memimpin dan menahkodai PT Pegadaian (Persero) yang demikian penting dan strategis, menjadi tumpuan harapan banyak pihak dan orang yang memerlukan pelayanannya.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, Insya Allah hubungan kerjasama dan koordinasi kita dapat berjalan dengan baik, berhasil guna dan memberikan manfaat nyata sesuai niat kita bersama. Kiranya Allah Subhanahu Watta’ala senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan, perlindungan, dan ridha-Nya kepada kita. Amin.

Sekian dan terima kasih.

 

Wabillahi taufiq walhidayah.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Salam Sejahtera bagi kita semua.

Om Santi Santi Santi Om.

Namo Buddhaya.

Salam Kebajikan.

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

 

H. M. PRASETYO

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id