Sabtu, 11 April 2020

AMANAT

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PADA UPACARA PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-73 TAHUN 2018

 

Jakarta, 17 Agustus 2018

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan.

 

Para peserta upacara yang saya hormati,

Segenap insan Adhyaksa di seluruh penjuru tanah air dan dimana pun berada yang saya cintai dan banggakan,

Dalam suasana yang penuh sukacita dan diliputi rasa khidmat ini, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga kita semua pada hari ini dapat hadir, berdiri tegap penuh semangat dalam rangka melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73.

Peringatan hari kemerdekaan ini membawa kita kepada suatu momentum bersejarah, dimana 73 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, Soekarno-Hatta mengumandangkan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Pernyataan kebangsaan tersebut berakar dan tumbuh dari cita-cita, keinginan yang luhur dan sikap tegas rakyat Indonesia saat itu untuk membebaskan diri dari belenggu penjajahan, disertai dengan tekad dan semangat yang kokoh dan bulat untuk berdiri sendiri menentukan nasibnya, mensejahterakan kehidupan rakyat dan menempatkan bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia.

Sejalan dengan itu, maka peringatan hari kemerdekaan ini merupakan suatu monumen untuk senantiasa menggelorakan api semangat proklamasi sebagai bentuk pengingat bahwa kemerdekaan telah membuka jalan bagi kita untuk membangun bangsa dan negara ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu tidak ada pilihan lain bagi kita generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kerja keras dan pengabdian yang nyata dalam memaksimalkan segenap kekuatan, peluang, potensi dan sumber daya yang ada sebagai modal utama bagi keberhasilan serta kemajuan bangsa dan negara. Sehingga melalui usaha tersebut kita dapat terus memelihara, merawat serta menajamkan kembali semangat, perjuangan dan cita-cita para pendiri bangsa (founding fathers) untuk mencapai tujuan nasional yaitu “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Peserta Upacara yang berbahagia,

Peringatan Hari Kemerdekaan Tahun 2018 ini mengambil tema KERJA KITA, PRESTASI BANGSA. Tema yang menurut hemat saya sangat penting dan relevan guna semakin meneguhkan komitmen kita untuk senantiasa bekerja dengan semangat, giat, ulet, sungguh-sungguh dan dengan cerdas untuk menggunakan pikiran, ide-ide kreatif dan inovatif guna mencapai hasil terbaik yang dapat membawa manfaat nyata dalam memajukan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sebagaimana yang pernah diingatkan oleh proklamator kita Ir. Soekarno, bahwa ”Barangsiapa yang ingin memiliki mutiara harus ulet menahan napas dan berani terjun menyelami samudra yang sedalam-dalamnya.” Pernyataan yang sarat dengan makna tersebut sepatutnya menggerakan kesadaran dan pemahaman kita bahwa untuk mencapai hasil terbaik tidaklah mudah dan acapkali penuh dengan berbagai aral rintangan yang menghadang. Oleh karena itu, diperlukan keberanian untuk berusaha dengan sekuat tenaga menghasilkan daya dan cipta besar, seraya menjauhkan diri dari perilaku dan mentalitas yang malas dan ingin meraih sesuatu secara instan, yang sekedar ”mau gampangnya saja”, karena yakinlah setiap usaha dan kerja keras yang kita lakukan tidak akan pernah mengingkari hasil akhir.

Warga Adhyaksa yang saya banggakan,

Selaku Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, dalam kapasitasnya sebagai aparat penegak hukum kita harus memahami sepenuhnya bahwa dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan jajaran Kejaksaan hendaknya mampu menerjemahkan beragam keinginan, ekspektasi dan tuntutan masyarakat, terutama memastikan tegaknya supremasi hukum yang menghadirkan keadilan, kebenaran, kepastian, dan kemanfaatan.

Terlebih pula ditengah upaya untuk mengejar ketertinggalan dan menjaga pertumbuhan ekonomi nasional, yang ditandai dengan masifnya pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh tanah air, maka upaya untuk merespon secara positif dengan semakin meningkatkan tanggung jawab guna berkontribusi secara nyata, khususnya dalam meletakkan kebijakan penegakan hukum yang dapat menstimulir akselerasi tersedianya infrastruktur yang baik dan berkualitas adalah merupakan suatu keutamaan.

Dihadapkan pada upaya sedemikian, maka tidak ada pilihan lain bagi kita selain harus melakukan perubahan fundamental dalam hal peningkatan kompetensi, kapasitas sekaligus senantiasa meningkatkan kesadaran untuk terus berbenah, menyempurnakan dan menyelaraskan orientasi pemikiran dan cara kerja sebagai sebuah kehendak untuk melakukan pembaharuan dan penyesuaian berkenaan dinamika perkembangan berbagai aspek kehidupan seiring semakin besarnya keinginan, ekspektasi dan tuntutan masyarakat. Berangkat dari hal tersebut, kita harus yakin dan optimis, bahwa kerja keras kita dapat berbuah hasil dan menorehkan berbagai prestasi, yang pada gilirannya akan memberikan citra positif yang mengharumkan nama baik institusi yang kita cintai ini.

Saudara-saudara sekalian, para hadirin peserta upacara yang Saya Hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, tidak lupa kita sampaikan rasa hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendiri bangsa, kepada para pahlawan pendahulu, atas segala jerih payah pengorbanan jiwa raga dan harta yang diberikan untuk mengantarkan kita kepada pintu kemerdekaan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Akhirnya, saya ucapkan selamat disertai doa, harap dan pinta, semoga Republik Indonesia semakin kokoh berdiri tegak, kuat dan Jaya. Semoga pula Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kekuatan, rahmat, perlindungan, bimbingan dan ridha-Nya kepada segenap pemimpin bangsa, khususnya kepada seluruh jajaran Adhyaksa dalam memenuhi panggilan tugas dan pengabdian bagi terciptanya masyarakat adil dan makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA,

SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA !

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian.

Om Santi Santi Santi Om.

Namo Budhaya.

Salam Kebajikan.

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

HM. PRASETYO

 

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id