Sabtu, 4 April 2020

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan.

 

Yang saya hormati:

-    Ustadz Arifin Nugroho, Lc;

-    Ketua Komisi Kejaksaan R.I.;

  • Wakil Jaksa Agung R.I.;
  • Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan R.I., dan Para Staf Ahli Jaksa AgungI.;
  • Keluarga Besar Adhyaksa Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta;
  • Para Pejabat Eselon II dan Eselon III di Lingkungan Kejaksaan AgungI.;
  • Ibu Ketua Umum, segenap Pengurus dan Anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat dan Daerah;
  • Segenap Insan Adhyaksa di seluruh Indonesia yang menyaksikan acara ini melalui sarana Video Conference;
  • Teman Awak Media Forwaka;
  • Para Undangan dan Hadirin sekalian yang berbahagia.

Dalam suasana fitri yang penuh sukacita ini, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah senantiasa melindungi dan memberi limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat berkumpul bersama menyelenggarakan acara ritual Halal Bihalal di lingkungan Kejaksaan Agung R.I, menapaki bulan Syawal dan rangkaian waktu tahun 1439 Hijriah ini. Shalawat serta salam tidak lupa kita panjatkan kepada Nabi besar kita  Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

 

Hadirin yang saya hormati,

Dalam pemahaman keimanan kita, Idul Fitri memiliki makna yang begitu dalam yaitu “kembali kepada kesucian”, karena sebagai manusia biasa, baik disadari atau tidak, rasanya kita tidak luput dari berbagai kekhilafan, kesalahan dan dosa. Sesuatu yang patut kita sadari bersama, karena sebagai makhluk sosial, setiap orang setidaknya untuk memenuhi kebutuhan harus melakukan hubungan dan interaksi sosial satu sama lain. Yang didalam interaksi itu tidak jarang telah terjadi perbedaan bahkan benturan, yang pada akhirnya dapat menimbulkan pertentangan ataupun ketidakserasian dan kesalahpahaman.

Di tengah kenyataan perjalanan kehidupan bersama seperti inilah, diperlukan upaya mengembalikan diri pada kondisi yang fitri, yang mencerminkan sebuah lembaran baru merajut kebersamaan diantara sesama warga dalam sebuah suasana layaknya seperti terlahir kembali yang Insya Allah bersih dari dosa dan kesalahan lagi.

Berkenaan dengan pemahaman sedemikian maka sudah selayaknya setelah satu bulan memenuhi kewajiban menjalankan ibadah puasa Ramadhan, momentum suasana Idul Fitri seperti ini disamping diharapkan telah mempertebal keimanan kita kepada Allah SWT hendaknya kita manfaatkan pula untuk kembali merenung, mengevaluasi dan mawas diri tentang berbagai perbuatan, sikap, tingkah laku kesalahan apa yang telah kita perbuat serta kesadaran untuk tidak lagi dengan sengaja mengulang kembali. Karena tidak bisa dihindari dalam bergaul dan melaksanakan tugas sehari-hari bersama, dalam posisi dan peran masing-masing, baik selaku atasan maupun bawahan maupun rekan sekerja sangat dimungkinkan berbagai hal tidak pada tempatnya dan kurang menyenangkan telah terjadi.

Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya atas nama pribadi, keluarga maupun selaku pimpinan Kejaksaan, menyampaikan permohonan maaf diantara sesama kita, kepada Bapak, Ibu dan saudara-saudara sekalian segenap jajaran Adhyaksa atas segala kesalahan dan kekhilapan, baik yang disengaja maupun yang mungkin tidak disengaja, baik yang disadari maupun yang tanpa disadari.

Semoga Idul Fitri ini dapat kita jadikan sarana yang tepat untuk merajut kembali tali persaudaraan, kekeluargaan dan kebersamaan agar terbangun kesejukan suasana yang dapat memberikan semangat peningkatan kerja yang lebih baik dan lebih baik lagi guna dapat dijadikan modal dalam upaya menyempurnakan dedikasi dan pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan negara.

 

Bapak, Ibu, segenap warga Adhyaksa yang berbahagia,

Kebersamaan tidak akan terwujud jika orang tidak pandai dan rajin memeliharanya melalui hubungan silaturahmi antar sesama di lingkungannya. Karena silaturahmi dan hubungan yang baik dan harmonis dipastikan akan menjadi sarana penting membentuk ikatan bathin dan energi positip dalam kehidupan bersama. Oleh karena itu sekali lagi, suasana seperti sekarang ini hendaknya harus juga kita gunakan untuk mengaktualisasikan jalinan hubungan dan suasana kebersamaan yang lebih erat diantara seluruh warga Adhyaksa sebagai sebuah keluarga besar yang satu, utuh dan tidak terpisahkan.

Bila ikatan seperti itu dapat terus dipupuk, dimiliki dan dipelihara dengan baik niscaya akan menjadi sebuah kekuatan besar yang sungguh sangat kita perlukan dalam melaksanakan tugas, kewajiban dan tanggung jawab selaku penegak hukum dimasa selanjutnya dan disaat-saat mendatang.

 

Hadirin, Warga Adhyaksa yang saya cintai dan yang saya banggakan,

Mengakhiri sambutan ini, kita semua sangat berharap kiranya acara silaturahmi halal bihalal dan Idul Fitri 1439 H yang kita selenggarakan saat ini akan mendatangkan pahala dan mendapatkan ridha dari Allah  Subhanahu Watta’ala, bagi kita semua segenap warga bangsa, khususnya Keluarga Besar Adhyaksa untuk memperoleh kemudahan dalam mengarungi kehidupan keseharian, dalam menunaikan tugas, pekerjaan dan kewajiban yang harus dijalankan senantiasa diberikan kekuatan dan semangat, keselamatan dan kearifan untuk lebih banyak berbuat kebaikan bagi sesama melalui institusi tercinta, Kejaksaan Republik Indonesia.

Akhirnya dengan segala kerendahan hati kembali saya mengucapkan “Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin”. Semoga Allah Subhanahu Watta’ala berkenan menerima amal ibadah dan memasukkan kita ke dalam golongan hamba-hamba-Nya yang bertaqwa. Amin Ya RobbalAlamin.

 

Sekian dan Terimakasih.

 

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Om santi santi santi om,

Namo buddhaya,

Salam Kebajikan.  

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

 HM. PRASETYO

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id