Sabtu, 4 April 2020

SAMBUTAN

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PADA ACARA PEMBUKAAN PEKAN OLAHRAGA (POR) DALAM RANGKA HARI BHAKTI ADHYAKSA KE-58

TAHUN 2018

 Jakarta, 12 Juli 2018

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan,

 

Yang Saya Hormati :

  • Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia;
  • Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan Republik Indonesia dan para Staf Ahli Jaksa Agung Republik Indonesia;
  • Ibu Ketua Umum, beserta segenap pengurus dan anggota Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Pusat dan Daerah;
  • Ketua Umum beserta segenap anggota Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA);
  • Ketua Umum Panitia Hari Bhakti Adhyaksa Ke-58 Tahun 2018;
  • Para Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Badan Diklat Kejaksaan R.I, dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta;
  • Ketua Forum Wartawan Adhyaksa (Forwaka) beserta jajarannya;
  • Para peserta Pekan Olah Raga (POR) dan segenap Warga Adhyaksa,yang saya cintai dan saya banggakan.

Salam Olahraga!

Dalam suasana penuh sukacita dan kegembiraan ini marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita semua masih diberi kesempatan berkumpul bersama saat ini dalam keadaan bugar, sehat penuh semangat menyelenggarakan tradisi acara “Pembukaan mengawali diselenggarakannya Pekan Olah Raga (POR)”, yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Bakti Adhyaksa (HBA) yang kali ini menginjak yang ke-58 Tahun 2018.

Acara Pembukaan ini sekaligus menandai mulai dipertandingkannya beberapa cabang olahraga, yang akan diikuti oleh peserta dari masing-masing bidang di lingkungan Kejaksaan Agung R.I., Badan Diklat Kejaksaan R.I. dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Berkenaan dengan itu saya mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara sekalian yang telah berpartisipasi mengikuti kegiatan ini dengan penuh kesungguhan.

Disamping itu ucapan terima kasih dan apresiasi yang sama tingginya sudah tentu patut juga kita sampaikan kepada panitia penyelenggara dan seluruh pihak yang telah mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikirannya sehingga acara dan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan baik seperti yang kita saksikan bersama sekarang ini.

Segenap warga Adhyaksa peserta pekan olah raga yang saya cintai,

Pada kesempatan sama yang lalu saya pernah menyampaikan bahwa, dengan demikian padatnya aktifitas, kesibukan dalam sebuah rutinitas pekerjaan acapkali membuat kita sering melupakan upaya memperhatikan untuk merawat dan menjaga kesehatan diri kita melalui berolahraga. Untuk itulah, melalui kegiatan POR seperti ini sekaligus dapat dijadikan sebagai kesempatan mengingatkan dan menyadarkan kita semua akan arti penting aktifitas dan kegiatan lain, yaitu berolahraga untuk menjaga kebugaran fisik dan mental kita, yang dipastikan akan memberikan dampak positif meningkatkan produktifitas kerja, disamping mencegah kemungkinan datangnya penyakit. Kondisi tubuh yang sehat juga akan mengantarkan kita untuk dapat melewati hari-hari dalam hidup kita dengan lebih berkwalitas, bahagia dan menyenangkan.

Berangkat dari kesadaran sedemikian, maka berolahraga sebagai salah satu upaya membentuk perilaku hidup sehat dalam konteks hubungan kedinasan memiliki relevansi dan pengaruh begitu signifikan dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang siap melaksanakan tugas dengan baik kapanpun diperlukan. Karenanya tidaklah berlebihan setiap kali menyelenggarakan POR seperti ini kita dapat memaknainya merupakan ikhtiar mendorong kesadaran berolahraga sebagai sebuah kebutuhan yang menjadi bagian dari kehidupan kita bersama.

Dengan membiasakan diri dan rutin berolahraga, maka kita optimis akan mampu membuat segenap insan Kejaksaan menjadi kuat dan sehat, yang pada gilirannya akan berkorelasi bagi meningkatnya kwalitas dan kwantitas pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan negara. Sesuatu yang akan berdampak sangat positip bagi upaya yang sedang giat terus kita lakukan bersama,  memulihkan dan membangun kepercayaan publik (public trust) kepada lembaga kita.

Para peserta POR yang berbahagia,

Pemilihan tema pada POR kali ini “Junjung Tinggi Sportivitas untuk Mewujudkan Soliditas dan Integritas Diri” kita rasa juga relevan untuk direnungkan dan dihayati, seterusnya diaktualisasikan oleh segenap warga Adhyaksa, bahwa point penting melalui kegiatan ini adalah untuk memupuk jiwa sportivitas yang mampu membangun soliditas sesama dan segenap warga Adhyaksa, sekaligus sebagai sebuah gerakan membentuk watak, karakter dan kepribadian yang berintegritas dapat dipercaya.

Oleh sebab itu POR ini hendaknya tidak hanya dianggap sebagai sebuah kompetisi untuk meraih kemenangan dengan mengalahkan yang lain, tetapi yang lebih utama adalah bagaimana setiap kemenangan itu berhasil dicapai melalui sebuah proses dengan usaha dan cara menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kejujuran. Semangat semacam ini yang harus dijadikan acuan dan dipegang teguh guna memupuk, meningkatkan dan mengukuhkan jalinan kebersamaan, yang utuh, satu dan tidak terpisahkan.

Suasana kerja yang solid, disertai kebersamaan serta integritas diri yang berjalan beriringan saling terintegrasi, akan menciptakan tata kelola organisasi yang tidak hanya sinergis, efektif, efisien tetapi juga profesional, bermartabat dan terpercaya, karena akan memperbesar peluang untuk dapat menggerakkan seluruh potensi bagi target dan tujuan yang ditentukan dan hendak dicapai.

Ibu-ibu dan Saudara, segenap warga Adhyaksa yang berbahagia,

Pada kesempatan yang baik ini, saya juga mengajak kita semua untuk menggelorakan dukungan atas perhelatan Asian Games Tahun 2018 di Jakarta dan Palembang yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus yang akan datang. Menjadi kewajiban kita bersama untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah tuan rumah yang baik. Untuk itu, saya berharap segenap Warga Adhyaksa mendukung terciptanya suasana kondusif, situasi dan kondisi yang aman, sejuk dan  nyaman. Disertai doa dan harapan perhelatan olah raga yang dikuti oleh 45 negara peserta itu, yang kali ini Indonesia beruntung dipercaya menjadi tuan rumah mampu menyelenggarakannya dengan sukses. Sukses dalam pelaksanaan dan sukses dalam prestasi.

Saya ucapkan selamat bertanding kepada para peserta Pekan Olah Raga HBA Tahun 2018. Berlaga dan berkompetisilah dengan penuh semangat, pantang menyerah dengan kemampuan terbaik seraya menjunjung tinggi kebersamaan dan sportivitas.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, akhirnya dengan mengucapkan bismillahirrahmannir-rahim, Pekan Olah Raga (POR) Hari Bakti Adhyaksa Ke-58 Tahun 2018, secara resmi saya nyatakan “DIBUKA”.

 

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita sekalian.

Om shanti shanti shanti om.

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan,

Salam Olahraga!

 

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

H.M PRASETYO

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id