Sabtu, 11 April 2020

AMANAT
JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PADA PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN
PEJABAT ESELON II
DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG
RABU, 15 JULI 2009
 

ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA,

YANG SAYA HORMATI :
-      PARA JAKSA AGUNG MUDA;
-      PARA PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG;
BAPAK-BAPAK, IBU-IBU DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA,
PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA SELALU KITA PANJATKAN, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA, KITA DAPAT BERKUMPUL BERSAMA DI SINI, DALAM RANGKA MENGHADIRI ACARA PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN, BAGI PARA PEJABAT STRUKTURAL ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG, YAITU :
-       SAUDARA R. HIMAWAN KASKAWA, SEBAGAI SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA TINDAK PIDANA KHUSUS;
-       SAUDARA ISKAMTO, SEBAGAI SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA INTELIJEN;

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,
PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN YANG BARU SAJA BERLANGSUNG MERUPAKAN BAGIAN DARI DINAMIKA ORGANISASI, DALAM RANGKA MEMENUHI KEBUTUHAN PENGELOLAAN MANAJEMEN ORGANISASI.
MUTASI MEMILIKI MAKNA DASAR PERUBAHAN KEPADA BENTUK YANG LEBIH BAIK ATAU SEMPURNA, DALAM PENGERTIAN BAHWA PERUBAHAN YANG DIBERIKAN HARUS MEMPUNYAI MAKNA, ARTI DAN MANFAAT BAGI LINGKUNGAN, BAIK DILINGKUNGAN KERJA MAUPUN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL. SEBAGAI UMAT BERAGAMA DAN SEBAGAI WARGA ADHYAKSA, TENTUNYA KITA MENGINGINKAN, BAHWA KEBERADAAN DIRI KITA HARUS BISA BERMAKNA DAN BERARTI, SERTA BISA MEMBERI MANFAAT BAIK KEPADA ORANG LAIN MAUPUN KEPADA INSTITUSI KEJAKSAAN.

PADA MOMEN PELANTIKAN JABATAN INI, SAUDARA HARUS INGAT BAHWA JABATAN YANG DIPERCAYAKAN KEPADA SAUDARA, MERUPAKAN JABATAN PADA ESSELON DUA, ARTINYA SAUDARA SEBAGAI PEJABAT PADA TATARAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN STRATEGIS PIMPINAN PADA TINGKAT OPERASIONAL. SEHINGGA PADA TATARAN INI SAUDARA-SAUDARA HARUS MAMPU MEMBERIKAN KETAULADANAN YANG BAIK DAN MAMPU MEMBERIKAN ARAHAN – ARAHAN OPERASIONAL KEPADA PEJABAT, YANG BERADA DIBAWAH SATUAN UNIT KERJA SAUDARA-SAUDARA. ARAHAN HENDAKNYA DILAKUKAN SECARA LUGAS, TEGAS, APLIKATIF, DAN DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN, BAIK SECARA STRUKTURAL MAUPUN FUNGSIONAL.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,
PADA KESEMPATAN INI, SAYA INGIN MENGINGATKAN AKAN ARTI PENTING TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA (SESJAM). SEPERTI KITA KETAHUI BERSAMA SEKRETARIS DALAM SUATU STRUKTUR ORGANISASI, MEMILIKI PERAN YANG SANGAT VITAL DALAM PENGELOLAAN MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI, MELIPUTI PERAN STRATEGIS, PERAN TEKNIS DAN PERAN PENDUKUNG.
PERAN STRATEGIS  YAITU PERAN YANG DIHARAPKAN DAPAT MEMBERIKAN PENGARUH POSITIF PADA STATUS DAN PERFORMA ORGANISASI SECARA JANGKA PANJANG, YANG TERCAPAI MELALUI KELANCARAN ARUS INFORMASI BAIK KE DALAM MAUPUN KE LUAR.
PERAN TEKNIS, YAITU PERAN YANG DIHARAPKAN DAPAT MENINGKATKAN KINERJA PIMPINAN. AKTIVITAS SEKETARIS YANG MENYALURKAN  INFORMASI KEPADA PIMPINAN SECARA JELAS DAN AKURAT, AKAN SANGAT MEMBANTU DAN MEMFASILITASI PIMPINAN UNTUK MENJALANKAN FUNGSINYA DENGAN BAIK. DENGAN SEMAKIN BERAT BEBAN KERJA PIMPINAN, MAKA TUGAS SEKRETARIS PUN AKAN SEMAKIN INTENSIF.
PERAN PENDUKUNG YAITU PERAN YANG DIHARAPKAN DAPAT MEMBERIKAN NILAI POSITIF KEPADA ANGGOTA ORGANISASI LAINNYA, YANG DAPAT DICAPAI DENGAN PENDISTRIBUSIAN INFORMASI (INCOMING DAN OUTGOING).
 
DALAM PRESPEKTIF REFORMASI BIROKRASI KEJAKSAAN, PERAN SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA MERUPAKAN BAGIAN DARI PELAKSANAAN PEMBAHARUAN KETATALAKSANAAN (ADMINISTRATION PROCESS), PADA BIDANGNYA. DALAM HAL INI SELAIN MENJALANKAN TUGAS POKOKNYA YAITU MEMBANTU DAN MENDUKUNG PENUH TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB JAKSA AGUNG MUDA, DALAM BIDANG KESEKRETARIATAN. SEORANG SEKRETARIS JUGA HARUS MAMPU MENJADI MOTOR PENGGERAK PELAKSANAAN PROGRAM REFORMASI BIROKRASI SECARA LEBIH CEPAT, TEPAT DAN KONSISTEN DI SETIAP SATUAN KERJANYA.
PERCEPATAN BIROKRASI DI MAKSUD MENCAKUP, PENYIAPAN PERUMUSAN KEBIJAKAN, PENYIAPAN RUMUSAN PROGRAM KERJA, PENERTIBAN KETATAUSAHAAN, DAN MELAKUKAN UPAYA PENINGKATANAN KEMAMPUAN, DISIPLIN DAN INTEGRITAS KEPRIBADIAN APARATNYA SESUAI PETUNJUK JAKSA AGUNG MUDA.
KEMUDIAN YANG TIDAK KALAH PENTINGNYA ADALAH PELAKSANAAN DAN PENYESUAIAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG ADA, DALAM HAL PENGUMPULAN, PENCATATAN, PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA KEGIATAN SERTA LAPORAN KEGIATAN, AGAR TETAP TER-UP DATE SECARA KONTINU DAN BERTANGGUNGJAWAB.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,
SECARA KHUSUS KEPADA SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA TINDAK PIDANA KHUSUS, SAYA MINTA AGAR SAUDARA BENAR-BENAR MELAKSANAKAN DAN TERUS MELAKUKAN PEMANTAUAN PELAKSANAAN PROGRAM REFORMASI BIROKRASI KEJAKSAAN PADA BIDANG TINDAK PIDANA KHUSUS. PROGRAM KERJA YANG TELAH DICANANGKAN SEPERTI OPTIMALISASI DAN PERCEPATAN PENANGANAN TINDAK PIDANA KORUPSI, HARUS BENAR-BENAR TERLAKSANA DAN DIEVALUASI SECARA TEGAS, KONSEKUEN DAN KONSISTEN, SAMPAI PADA TAHAP PELAKSANAAN PUTUSAN HAKIM (EKSEKUSI) TERUTAMA YANG MENYANGKUT PENGEMBALIAN KERUGIAN KEUANGAN NEGARA, PEMBAYARAN UANG PENGGANTI DAN DENDA.
DUKUNGAN ADMINISTRASI PENANGANAN PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI YANG LENGKAP, AKURAT DAN MENYELURUH, JUGA HARUS MENJADI PERHATIAN SAUDARA, SEHINGGA SETIAP PENANGANAN PERKARA YANG DILAKUKAN BIDANG TINDAK PIDANA KHUSUS, BAIK TINDAK PIDANA KORUPSI DAN TINDAK PIDANA KHUSUS LAINNYA AKAN BERJALAN LANCAR DAN TERTIB.
KEPADA SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA INTELIJEN, AGAR DAPAT LEBIH MENDALAMI MAKNA DARI MOTTO INDERA ADHYAKSA, UNTUK DAPAT SEPENUHNYA MENDUKUNG PELAKSANAAN KEBIJAKAN YANG DITETAPKAN OLEH JAKSA AGUNG MUDA INTELIJEN.
KETERATURAN PELAKSANAAN FUNGSI KESEKRETARIATAN BIDANG INTELIJEN, TIDAK HANYA HARUS MAMPU MENDAYAGUNAKAN SECARA OPTIMAL SUMBER DAYA MANUSIA DAN PERALATAN CANGGIH YANG DIMILIKI, TETAPI JUGA KONSISTENSI KONTROL TERHADAP KEGIATAN DAN PRODUK INTELIJEN SECARA TERTIB ADMINISTRASI DAN TERTIB MORAL YANG AKUNTABEL, SERTA MEMBERIKAN BANTUAN DAN KEKUATAN  POSITIF KEPADA BIDANG lLAINNYA, YANG DAPAT DICAPAI DENGAN AKSELERASI PEMBERIAN DATA DAN INFORMASI SECARA CEPAT, AKTUAL DAN AKURAT, MELALUI OPTIMALISASI PEMANFAAT BANK DATA INTELIJEN.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,
SEBELUM MENGAKHIRI AMANAT INI, KEPADA PARA PEJABAT LAMA ATAS NAMA KORPS DAN PRIBADI, SAYA SAMPAIKAN TERIMA KASIH ATAS PENGABDIAN KERJA SAUDARA-SAUDARA.  
KEPADA PARA PEJABAT YANG BARU DILANTIK, SAYA UCAPKAN SELAMAT BEKERJA, HINDARI PENYALAHGUNAAN WEWENANG DAN JABATAN. SUMPAH SERTA JANJI JABATAN YANG SAUDARA LAFALKAN TADI HARUS DILAKSANAKAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH.
SELAMAT BERTUGAS, SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SENANTIASA MEMBIMBING DAN MELINDUNGI KITA SEMUA.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.
 
                                                                                     JAKARTA, 15 JULI 2009
                                                                          JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
 
 
                                                                                    HENDARMAN SUPANDJI
 

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id