Sabtu, 11 April 2020

AMANAT
JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PADA PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN
PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG RI DAN KAJATI SULAWESI SELATAN,
KAJATI BALI, KAJATI SULAWESI TENGGARA,
KAJATI BANTEN, KAJATI PAPUA.
SENIN, 29  JUNI 2009

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH,
SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN,

YANG SAYA HORMATI :
-    SAUDARA WAKIL JAKSA AGUNG;
-    PARA JAKSA AGUNG MUDA;
-    PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG;

BAPAK-BAPAK, IBU-IBU DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA,
MENGAWALI SAMBUTAN INI, PERKENANKAN SAYA MENGAJAK SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN, UNTUK BERSAMA-SAMA SEJENAK MENSYUKURI NIKMAT DARI TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA ATAS RAHMAT DAN PERKENAN-NYA KITA DAPAT BERKUMPUL BERSAMA DI SINI, DALAM RANGKA PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN :
-    SAUDARA PURWOSUDIRO, SEBAGAI SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA PEMBINAAN;
-    SAUDARA H. KAMAL SOFYAN, SEBAGAI SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA TINDAK PIDANA UMUM;
-    SAUDARA ABBAS AZHARI, SEBAGAI SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA PENGAWASAN;
-    SAUDARA MAHFUD MANAN, SEBAGAI KEPALA PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN;
-    SAUDARA MUHAMMAD SALIM, SEBAGAI KEPALA PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN;
-    SAUDARI RESI ANNA NAPITUPULU, SEBAGAI KEPALA PUSAT INFORMASI DATA DAN STATISTIK KRIMINAL;
-    SAUDARA MUHAMMAD YUSUF, SEBAGAI DIREKTUR SOSIAL DAN POLITIK PADA JAKSA AGUNG MUDA INTELIJEN;
-    SAUDARA HALILI TOHA, SEBAGAI DIREKTUR PRODUKSI DAN SARANA INTELIJEN PADA JAKSA AGUNG MUDA INTELIJEN;
-    SAUDARA BOEDIMAN RAHARDJO SEBAGAI INSPEKTUR KEUANGAN, PERLENGKAPAN DAN PROYEK PEMBANGUNAN PADA JAKSA AGUNG MUDA PENGAWASAN;
-    SAUDARA R. WIDYO PRAMONO SEBAGAI INSPEKTUR TINDAK PIDANA UMUM PADA JAKSA AGUNG MUDA PENGAWASAN;
-    SAUDARA DONDY K. SOEDIRMAN, SEBAGAI STAF AHLI;
-    SAUDARA ADJAT SUDRADJAT, SEBAGAI KEPALA KEJAKSAAN TINGGI SULAWESI SELATAN;
-    SAUDARA WARMAN SUHERMAN, SEBAGAI KEPALA KEJAKSAAN TINGGI BALI;
-    SAUDARA FACHMI, SEBAGAI KEPALA KEJAKSAAN TINGGI SULAWESI TENGGARA;
-    SAUDARA ABDUL WAHAB HASIBUAN, SEBAGAI KEPALA KEJAKSAAN TINGGI BANTEN;
-    SAUDARA PALTY SIMANJUNTAK, SEBAGAI KEPALA KEJAKSAAN TINGGI PAPUA;

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,
PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN MERUPAKAN HAL YANG WAJAR TERJADI DALAM SUATU ORGANISASI YANG DINAMIS.  PERGESERAN JABATAN BISA BERUPA PROMOSI, ATAU BERSIFAT TOUR OF AREA DAN TOUR OF DUTY PADA TATARAN ESELON YANG SAMA.
KITA SEMUA MENYADARI BAHWA UPAYA PENEGAKAN HUKUM YANG DILAKUKAN OLEH KEJAKSAAN SELALU MENJADI SOROTAN MASYARAKAT, SEHINGGA MERUPAKAN HAL YANG WAJAR APABILA MASYARAKAT DALAM ERA REFORMASI INI SELALU MEMBERIKAN KRITIK TERHADAP KUALITAS PENEGAKAN HUKUM YANG DILAKUKAN OLEH KEJAKSAAN. KITA HARUS MENGAKUINYA DAN BAHKAN HARUS MEMAHAMI BAHWA KRITIK YANG DIRASA PEDAS SEBENARNYA SECARA HAKIKI MERUPAKAN PERWUJUDAN DARI KECINTAAN MASYARAKAT AGAR INSTITUSI KEJAKSAAN TIDAK SEMAKIN TERPURUK, SEHINGGA KRITIK HARUS KITA TERIMA SECARA ARIF DAN MENJADIKANNYA CAMBUK UNTUK MENINGKATKAN RASA OPTIMISTIS DALAM RANGKA MEWUJUDKAN INSTITUSI KEJAKSAAN YANG BERSIH, BERWIBAWA DAN BERMARTABAT.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,
DALAM JAJARAN PEJABAT YANG TELAH DILANTIK TADI, SAYA MENCATAT TERDAPAT 2 (DUA) ORANG YANG TELAH MEMPEROLEH GELAR DOKTOR, SEHINGGA DIHARAPKAN DAPAT MENJADI SALAH SATU MODAL DALAM PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PROFESIONALISME PADA INSTITUSI KEJAKSAAN.  NAMUN DEMIKIAN, TERDAPAT HAL PENTING YANG PERLU SAYA SAMPAIKAN UNTUK DIRENUNGKAN, BAHWA JABATAN YANG SAUDARA-SAUDARA TERIMA MERUPAKAN BAGIAN DARI PENILAIAN PIMPINAN ATAS PRESTASI KERJA YANG TELAH SAUDARA-SAUDARA CAPAI, MESKIPUN TERHADAP PROMOSI BEBERAPA JABATAN, TERDAPAT KRITIK DAN RESISTENSI DARI BERBAGAI PIHAK.  TERHADAP HAL INI, PIMPINAN KEJAKSAAN TETAP BERKEYAKINAN BAHWA PROSES PROMOSI TELAH DILAKSANAKAN SESUAI DENGAN PROSEDUR DAN KETENTUAN YANG BERLAKU YAITU MELALUI PROFILE ASSESSMENT DAN SISTEM PENGAWASAN YANG BAIK SERTA MENGUTAMAKAN ASPEK PEMBINAAN.
ATAS REWARD YANG TELAH DIBERIKAN INI, SAYA BERHARAP HENDAKNYA SAUDARA-SAUDARA TIDAK HANYA MERASA CUKUP DENGAN MENGEDEPANKAN LOYALITAS KEPADA INSTITUSI DAN MENJAGA PROFESIONALITAS, NAMUN YANG TIDAK KALAH PENTINGNYA ADALAH PENGUATAN INTEGRITAS MORAL DAN PRIBADI.
HARUS DIINGAT, BAHWA PROMOSI JABATAN YANG SAUDARA-SAUDARA TERIMA, SEMATA-MATA BUKAN HANYA PENINGKATAN KARIER DAN KEBANGGAAN PRIBADI SEMATA, TETAPI LEBIH BERARTI JIKA DIARTIKAN SEBAGAI SUATU AMANAH YANG HARUS DISIKAPI, DENGAN PENUH RASA TANGGUNG JAWAB DAN KEHATI-HATIAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS.
OLEH KARENA ITU, KUALITAS SAUDARA-SAUDARA HARUS DIBUKTIKAN DALAM WUJUD PENINGKATAN KINERJA DAN PRESTASI, SERTA DEDIKASI YANG DILANDASI SEMANGAT KERJA YANG TINGGI, DISIPLIN, PROFESIONAL DAN BERINTEGRITAS. TUNJUKKAN DAN BUKTIKAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KERJA NYATA, BAHWA SAUDARA-SAUDARA MEMANG LAYAK DAN KREDIBEL DALAM MENGEMBAN TUGAS DAN JABATAN YANG DIPERCAYAKAN KEPADA SAUDARA-SAUDARA.  
SELAIN ITU, JUGA HARUS DIPAHAMI BAHWA MELALUI PROGRAM REFORMASI BIROKRASI KEJAKSAAN YANG SEDANG DAN AKAN KITA LAKSANAKAN SECARA BERTAHAP DAN TIDAK RADIKAL SERTA REVOLUSIONER,  PIMPINAN TELAH MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN DAN PEMBAHARUAN, DALAM RANGKA MENINGKATKAN CITRA DAN KREDIBILITAS KEJAKSAAN, BAIK MENYANGKUT KELEMBAGAAN, TATA LAKSANA ORGANISASI DAN PENINGKATAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA.  UNTUK MENJAGA KOMITMEN TERSEBUT, SAYA JUGA TIDAK AKAN RAGU MELAKUKAN PENJATUHAN SANKSI INDISIPLINER, KEPADA SAUDARA-SAUDARA YANG MELAKUKAN PERBUATAN TERCELA DAN TIDAK TERPUJI, BAIK DALAM PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS SAUDARA MAUPUN DI LUAR KEDINASAN.
HADIRIN YANG SAYA HORMATI,
PADA KESEMPATAN INI, SAYA MINTA KEPADA SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA PEMBINAAN, SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA TINDAK PIDANA UMUM, DAN SEKRETARIS JAKSA AGUNG MUDA PENGAWASAN UNTUK SEGERA MELAKSANAKAN TUGAS DAN FUNGSINYA  DALAM MEMBERIKAN DUKUNGAN ADMINISTRASI DI LINGKUNGAN KERJANYA MASING-MASING, SEHINGGA DAPAT TERCIPTA SUASANA KERJA YANG KONDUSIF DAN DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN ETOS KERJA DAN KINERJA YANG LEBIH SISTEMATIS.
KEPADA KEPALA PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, AGAR SEGERA MELANJUTKAN PROGRAM YANG TELAH ADA, DIPERKUAT DENGAN EVALUASI SECARA KONSISTEN ATAS KURIKULUM DAN METODE BELAJAR, UNTUK BENAR-BENAR MEMPEROLEH OUTPUT SUMBER DAYA MANUSIA KEJAKSAAN YANG MEMILIKI PENGETAHUAN, KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN, BAIK SECARA TEKNIS YURIDIS MAUPUN MANAJERIAL YANG HANDAL.
KEPADA KEPALA PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN, AGAR SEGERA MELANJUTKAN PELAKSANAAN RENCANA DAN PROGRAM KERJA TERKAIT DENGAN KEGIATAN PENELITIAN, PENGKAJIAN, PENGEMBANGAN, KERJASAMA KEILMUAN DAN KEGIATAN ILMIAH LAINNYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TUGAS DAN WEWENANG SERTA FUNGSI KEJAKSAAN, KHUSUSNYA DALAM RANGKA MENDUKUNG PENCAPAIAN TUJUAN REFORMASI BIROKRASI KEJAKSAAN.
KEPADA KEPALA PUSAT INFORMASI DATA DAN STATISTIK KRIMINAL, UNTUK SEGERA MELAKUKAN UP DATING INFORMASI STATISTIKAL YANG SELALU AKTUAL, DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM PERCEPATAN (QUICK WINS) YANG DIAPLIKASIKAN DALAM WEB SITE KEJAKSAAN DAN SISTEM ON LINE (SIMKARI).
KEPADA DIREKTUR SOSIAL DAN POLITIK SERTA DIREKTUR PRODUKSI DAN SARANA INTELIJEN PADA JAKSA AGUNG MUDA INTELIJEN, AGAR SEGERA MELANJUTKAN PELAKSANAAN RENCANA  DAN PROGRAM KERJA STRATEGIS, SERTA MERUMUSKAN DAN MENETAPKAN KEBIJAKAN TEKNIS YANG TEPAT, DENGAN MENGOPTIMALKAN FUNGSI BANK DATA INTELIJEN AGAR PRODUK INTELIJEN YANG DIHASILKAN LEBIH BERSIFAT APLICABLE DAN UP TO DATE SERTA DAPAT MENDUKUNG PERANAN KEJAKSAAN DALAM PELAKSANAAN TUGAS PENEGAKAN HUKUM.
SAYA BERHARAP, JAJARAN INTELIJEN KEJAKSAAN DAPAT MEMBERIKAN ANALISIS YANG AKURAT TERHADAP BERBAGAI LAPORAN DARI MASYARAKAT MAUPUN TEMUAN DARI KEGIATAN OPERASI INTELIJEN YUSTISIAL BERUPA PENYELIDIKAN, PENGAMANAN DAN PENGGALANGAN SEHINGGA FUNGSI INTELIJEN KEJAKSAAN SEBAGAI MATA DAN TELINGA PIMPINAN DAPAT BERPERAN LEBIH OPTIMAL.
KEPADA INSPEKTUR KEUANGAN, PERLENGKAPAN DAN PROYEK PEMBANGUNAN SERTA INSPEKTUR TINDAK PIDANA UMUM PADA JAKSA AGUNG MUDA PENGAWASAN, AGAR SEGERA MELAKSANAKAN PENGUATAN MEKANISME KONTROL UNTUK DAPAT MENINGKATKAN FUNGSI PENGAWASAN YANG BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KINERJA DAN INTEGRITAS, SEHINGGA AKAN TERCIPTA SUATU SISTEM SERTA PROSEDUR YANG SEJALAN DENGAN KEBIJAKAN YANG TELAH DIGARISKAN PIMPINAN.
DISAMPING ITU, PELAKSANAAN FUNGSI KONTROL TERSEBUT HARUS TEPAT DALAM PENERAPANNYA DAN TIDAK BOLEH DIJADIKAN ALAT UNTUK MENCARI-CARI KESALAHAN, NAMUN HARUS DIPANDANG SEBAGAI INSTRUMEN PENCEGAHAN (PREVENTIF) DAN PENINDAKAN (REPRESIF). PENERAPAN INSTRUMEN-INSTRUMEN TERSEBUT HARUSLAH DILAKUKAN SECARA ADIL, TEGAS DAN JELAS, DENGAN TUJUAN AGAR PENYALAHGUNAAN KEWENANGAN DAN PERBUATAN TERCELA TIDAK TERULANG KEMBALI.

KEPADA SAUDARA DONDY K. SOEDIRMAN, KEDUDUKAN SAUDARA SEBAGAI STAF AHLI, BERTANGGUNGJAWAB LANGSUNG KEPADA JAKSA AGUNG.  SAUDARA MEMILIKI PENGALAMAN DAN KEAHLIAN.  SAYA MINTA UNTUK DAPAT MEMBERIKAN MASUKAN YANG POSITIF DAN KONSTRUKTIF, DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PENEGAKAN HUKUM, YANG SEDANG DAN AKAN KITA LAKSANAKAN.  
KEPADA PARA KEPALA KEJAKSAAN TINGGI YANG BARU DILANTIK, SAYA MINTA UNTUK MELAKUKAN ADAPTASI DI WILAYAH KERJA MASING-MASING, DAN SEGERA MENYUSUN KEBIJAKAN-KEBIJAKAN MANAJERIAL DAN OPERASIONAL PENEGAKAN HUKUM, SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK WILAYAH TUGASNYA.
SAUDARA-SAUDARA HARUS DAPAT MELAKUKAN PENGAWASAN MELEKAT DAN PENGAWASAN FUNGSIONAL TERHADAP JAJARANNYA, SEHINGGA SETIAP PELAKSANAAN TUGAS DAN WEWENANG DAPAT BERJALAN SESUAI DENGAN KORIDOR HUKUM YANG BERLAKU, DAN BERPEDOMAN PULA KEPADA KEBIJAKAN PIMPINAN YANG TELAH DITETAPKAN, YANG PADA GILIRANNYA DIHARAPKAN DAPAT MENINGKATKAN CITRA DAN WIBAWA KEJAKSAAN DI MATA MASYARAKAT.
PENANGANAN TINDAK PIDANA KORUPSI YANG MASIH MERUPAKAN PROGRAM UTAMA PEMERINTAH DAN YANG MENJADI PRIORITAS KERJA KEJAKSAAN, HENDAKNYA TERUS DITINGKATKAN, BAIK DITINGKAT PENYIDIKAN MAUPUN PENUNTUTAN DENGAN TINDAKAN YANG TEGAS TANPA KOMPROMI DAN TANPA TEBANG PILIH TERHADAP PARA PELAKU.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA,                                                  
SEBELUM MENGAKHIRI AMANAT INI, KEPADA PARA PEJABAT LAMA ATAS NAMA KORPS DAN PRIBADI, SAYA SAMPAIKAN TERIMA KASIH ATAS PENGABDIAN KERJA SAUDARA-SAUDARA.  BEGITU JUGA, KEPADA PARA ISTERI  PEJABAT LAMA, SAYA SAMPAIKAN PULA TERIMA KASIH ATAS KESABARAN DAN KESETIAAN MENDAMPINGI SUAMI SELAMA BERTUGAS.
KEPADA PARA PEJABAT YANG BARU DILANTIK, SAYA UCAPKAN SELAMAT BEKERJA, HINDARI PENYALAHGUNAAN WEWENANG DAN JABATAN. SUMPAH SERTA JANJI JABATAN YANG SAUDARA LAFALKAN TADI HARUS DILAKSANAKAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH.
UCAPAN SELAMAT SAYA SAMPAIKAN PULA KEPADA PARA ISTERI PEJABAT YANG BARU DILANTIK DISERTAI HARAPAN AGAR DAPAT MENDAMPINGI DAN MENUNJANG TUGAS-TUGAS SUAMI, KARENA KEDAMAIAN DAN KESERASIAN KEHIDUPAN KELUARGA, MERUPAKAN FAKTOR YANG MEMPUNYAI PENGARUH BAGI KONDISI PSIKOLOGIS DAN MENTAL SUAMI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS.

SELAMAT BERTUGAS, SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MEMBIMBING DAN MELINDUNGI KITA SEMUA.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH.
WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

                                                                                                               JAKARTA, 29 JUNI 2008
                                                                                                JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
                                                                                                             
      
                                                                                                               HENDARMAN SUPANDJI





Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id