Jum'at, 10 April 2020

SAMBUTAN
JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PADA ACARA launching WEBSITE BARU
KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA

Rabu, 27 Mei 2009.

BISMILLAHIRROHMAANIRROHIIM,
ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH,
SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN,

YANG SAYA HORMATI :
- MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA REPUBLIK INDONESIA BESERTA JAJARANNYA;
- MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA BESERTA JAJARAN;
- MENTERI PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL/KEPALA BAPPENAS BESERTA JAJARAN;
- MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMASI REPUBLIK INDONESIA BESERTA JAJARAN;
- WAKIL JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA BESERTA PARA JAKSA AGUNG MUDA;
- PARA PEJABAT ESELON II DI LINGKUNGAN KEJAKSAAN AGUNG REPUBLIK INDONESIA;
- KOORDINATOR REFORMASI BIROKRASI DEPARTEMEN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA;
- PERWAKILAN LEMBAGA DONOR;
- SEGENAP UNDANGAN, SERTA HADIRIN YANG BERBAHAGIA;

MENGAWALI SAMBUTAN INI, TERLEBIH DAHULU SAYA MENGAJAK HADIRIN SEKALIAN, UNTUK MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA NIKMAT DAN KARUNIA-NYA YANG TELAH DICURAHKAN KEPADA KITA, SEHINGGA PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI KITA DAPAT BERKUMPUL BERSAMA DI TEMPAT INI DALAM RANGKA "launching WEBSITE BARU KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA".

SAUDARA-SAUDARA YANG SAYA HORMATI,

PADA TANGGAL 18 SEPTEMBER 2008, SAYA TELAH MENCANANGKAN PROGRAM REFORMASI BIROKRASI DI KEJAKSAAN RI, YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI REFORMASI BIROKRASI NASIONAL. PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI KEJAKSAAN MENYANGKUT ASPEK KELEMBAGAAN (ORGANISASI), KETATALAKSANAAN (ADMINISTRATION PROCESS), DAN PENINGKATAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM), DALAM RANGKA MEMBANGUN DAN ATAU MEMBENTUK : BIROKRASI YANG BERSIH, BIROKRASI YANG EFISIEN, EFEKTIF DAN PRODUKTIF, BIROKRASI YANG TRANSPARAN DAN BIROKRASI YANG MELAYANI MASYARAKAT, SERTA BIROKRASI YANG AKUNTABEL. HAL TERSEBUT DI ATAS TERUTAMA DIDASARKAN PADA KESADARAN, BAHWA BIROKRASI KEJAKSAAN YANG ADA SEKARANG INI MASIH MEMERLUKAN PEMBENAHAN, UNTUK MENGUBAH PERSEPSI MASYARAKAT YANG NEGATIF TERHADAP KINERJA KEJAKSAAN. MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF DI MATA MASYARAKAT, MEMERLUKAN SUATU PENDEKATAN YANG SISTEMATIS, KONSEPTUAL, DAN VISIONER, SERTA KERJASAMA YANG BAIK ANTARA SESAMA INSTANSI PEMERINTAH, SEBAGAI WUJUD KEINGINAN BERSAMA UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN DARI PARADIGMA YANG BERORIENTASI PADA KEKUASAAN, MENUJU PARADIGMA YANG BERORIENTASI PADA PELAYANAN PUBLIK YANG DAPAT MEMUASKAN MASYARAKAT. SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN,

SALAH SATU PRIORITAS DALAM PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI KEJAKSAAN ADALAH PROGRAM PERCEPATAN ATAU QUICK WINS. PROGRAM QUICK WINS INI MERUPAKAN PROGRAM YANG MENGAWALI PROSES REFORMASI BIROKRASI, DAN DIHARAPKAN DALAM WAKTU YANG SINGKAT DAPAT MENGEMBALIKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (PUBLIC TRUST BUILDING) TERHADAP KEJAKSAAN . UNTUK ITU, PROGRAM QUICK WINS HARUS MEMILIKI DAYA UNGKIT (KEY LEVERAGE) YANG POTENSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT, KARENA BERKAITAN DENGAN PRODUK UTAMA DARI SATU LEMBAGA, SERTA HARUS BERSENTUHAN LANGSUNG DENGAN KEPENTINGAN PUBLIK. MENGINGAT TUGAS UTAMA KEJAKSAAN ADALAH DI BIDANG PENUNTUTAN DAN PENANGANAN PERKARA, MAKA PROGRAM QUICK WINS YANG DILAKSANAKAN OLEH KEJAKSAAN, MELIPUTI :

  1. PERCEPATAN PENANGANAN PERKARA DALAM RANGKA MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT DALAM PENEGAKAN HUKUM.
  2. PENERAPAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI (ON LINE) PENANGANAN PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI.
  3. PENERAPAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI (ON LINE) DALAM PENGELOLAAN PENGADUAN JAKSA YANG TERKENA HUKUMAN DISIPLIN.
  4. PENGEMBANGAN (UPDATING) WEBSITE KEJAKSAAN RI, SEHINGGA MASYARAKAT DAPAT MENGAKSES INFORMASI PENANGANAN PERKARA DAN PENGADUAN MASYARAKAT.

SAUDARA-SAUDARA YANG SAYA HORMATI,

PADA HARI INI KITA BERSAMA MENYAKSIKAN LAUNCHING ATAU UJI COBA WEB SITE BARU KEJAKSAAN, YANG MERUPAKAN LANGKAH KONKRIT PELAKSANAAN PROGRAM QUICK WINS, DALAM HAL PENGEMBANGAN (UP-DATING) WEBSITE KEJAKSAAN RI. WEBSITE KEJAKSAAN MERUPAKAN SALAH SATU SARANA KOMUNIKASI PUBLIK YANG DAPAT DIANDALKAN, KARENA DAPAT DIAKSES SETIAP SAAT OLEH MASYARAKAT. SEBENARNYA SEJAK TAHUN 2003 KEJAKSAAN TELAH MEMILIKI WEBSITE, NAMUN INFORMASI YANG DISAJIKAN DALAM WEBSITE TERSEBUT BELUM SEPENUHNYA DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN MASYARAKAT AKAN INFORMASI PENTING DARI KEJAKSAAN. MELALUI WEBSITE YANG BARU INI DIHARAPKAN MASYARAKAT DAPAT MENGETAHUI, MENGIKUTI, DAN MEMAHAMI KINERJA KEJAKSAAN, KHUSUSNYA MENGENAI PERKEMBANGAN PENANGANAN PERKARA, DAN DAPAT MENYAMPAIKAN LAPORAN PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT DENGAN PERILAKU JAKSA YANG TERCELA. UNTUK INI MASYARAKAT PELAPOR TIDAK PERLU MERASA TAKUT, KARENA AKAN TERJAGA KERAHASIAANNYA, DAN TIM KHUSUS PADA UNIT JAKSA AGUNG MUDA PENGAWASAN (JAMWAS) AKAN MENINDAKLANJUTI DAN MENYAMPAIKAN UP-DATE PERKEMBANGANNYA MELALUI WEBSITE INI JUGA. WEBSITE BARU INI DILENGKAPI DENGAN FASILITAS INFORMASI MENGENAI INFO PERKARA, LEMBAR PENGADUAN MASYARAKAT, DAN INFORMASI TERKINI MELALUI FITUR BERITA DAN KEGIATAN-KEGIATAN PENTING KEJAKSAAN, TERMASUK INFORMASI MENGENAI PERKEMBANGAN REFORMASI BIROKRASI KEJAKSAAN. SEBAGAI LANGKAH AWAL, WEBSITE BARU KEJAKSAAN INI, DILAKSANAKAN DAN DIUJICOBAKAN PADA 2 (DUA) KEJAKSAAN TINGGI YAITU KEJAKSAAN TINGGI DKI JAKARTA DAN KEJAKSAAN TINGGI BANTEN, SERTA 2 (DUA) KEJAKSAAN NEGERI YAITU KEJAKSAAN NEGERI JAKARTA SELATAN DAN KEJAKSAAN NEGERI TANGERANG, DENGAN PELAKSANAAN EVALUASI YANG KETAT DAN KONSISTEN SETIAP 3 (TIGA) BULAN. SELANJUTNYA PENGEMBANGAN WEBSITE BARU KEJAKSAAN AKAN DILAKSANAKAN PADA SELURUH KEJAKSAAN TINGGI DI INDONESIA BESERTA JAJARANNYA SECARA BERTAHAP. SAYA MENYADARI BAHWA WEBSITE INI MASIH BANYAK MEMERLUKAN PENYEMPURNAAN, SEHINGGA OLEH KARENANYA SANGAT DIHARAPKAN ADANYA MASUKAN DAN SARAN, YANG BERSIFAT MEMBANGUN DALAM RANGKA OPTIMALISASI PEMANFAATAN WEBSITE INI.

SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN,

DEMIKIAN BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN. SAYA BERHARAP, PROGRAM REFORMASI BIROKRASI KEJAKSAAN, DAPAT DIJALANKAN SECARA KONSISTEN SEHINGGA MANFAATNYA DAPAT DIRASAKAN SECARA NYATA OLEH PUBLIK. MENGAKHIRI SAMBUTAN INI, DENGAN MENGUCAPKAN BISMILLAAHIROHMAANIRROHIM, WEBSITE BARU KEJAKSAAN, SAYA NYATAKAN DIRESMIKAN.

SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MEMBERIKAN PERLINDUNGAN, DAN PERTOLONGAN-NYA KEPADA KITA SEMUA.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

WASSALAMU'ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH

  JAKARTA, 27 MEI 2009
  JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
 

HENDARMAN SUPANDJI

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id