Rabu, 21 Oktober 2020
INFO HUKUM

Kesadaran hukum pada dasarnya ada pada diri setiap manusia. Karenanya asas hukum berbunyi "setiap orang dianggap tahu akan undang-undang" dan "ketidak-tahuan akan undang-undang tidak merupakan alasan pema’af".

Diantara tugas mulia Kejaksaan adalah melakukan penerangan/penyuluhan hukum. Kejaksaan di seluruh Indonesia secara reguler melakukan hal ini dalam rangka bimbingan masyarakat taat hukum. Sebagai gambaran, pada triwulan ke-4 tahun 2008 saja, Kejaksaan telah melakukan penyuluhan hukum ke 336 desa/kelurahan dan penerangan hukum sebanyak 267 kali di berbagai penjuru tanah air.

Berikut ini adalah materi-materi penyuluhan/penerangan hukum yang telah disebarluaskan kepada masyarakat.

TUGAS DAN WEWENANG KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA
Kejaksaan adalah lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan
download
Keterbukaan Informasi Publik
UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik atau sering disebut UU KIP

download
Peran Pegawai Pemerintah sebagai Partisipan dalam Membangun Budaya Hukum Bangsa
Benarkah PNS Sumber Masalah Negeri ini? Banyak kalangan masyarakat yg menganggap PNS sebagai birokrasi yang berbelit-belit, lamban menyelesaikan pekerjaan, pengguna fasilitas negara untuk kepentingan pribadi, suka menerima suap dan korupsi, datang ke kantor telat namun pulang lebih awal, dan sat jam kantor sering keluyuran.


download
KUHP (KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA)
Masyarakat sering sekali salah, menjabarkan dan mengartikan setiap perbuatan yang tidak menyenangkan atau merugikan selalu merupakan bagian dari hukum pidana, atau tidak dapat membedakan proses peradilan satu dengan yang lain. Oleh karenanya, Info Hukum ini memberikan pemahaman sederhana tentang KUHP dan hukum pidana yang perlu diketahui sebagai suatu penerangan hukum kepada masyarakat dalam rangka membina masyarakat taat hukum.
download
hal. << sebelumnya 1 2 3 4 5 6 berikutnya >>
 BERITA
21-10-2020
Terpidana Sunarko Mantan Direktur PT. Bima Prima Taruna Berhasil Ditangkap Tim Tabur Di Pekanbaru Riau
21-10-2020
Kejari Jember Musnahkan 4,8 Juta Pil Obat-Obatan Dalam Kasus Penyalahgunaan Narkoba
21-10-2020
Jaksa Agung Tinjau dan mengecek Kesiapan Gedung Baru Menara Kartika Adhyaksa
berita lainnya
 SIARAN PERS
14-10-2020
the CENTRAL JAVA ATTORNEY OFFICE'S Tabur Team and the Kebumen District ATTORNEY OFFICE'S Tabur Team and the Karawang District ATTORNEY OFFICE'S Tabur Team in collaboration with the Attorney General Office's Tabur Team have secured and arrested suspec
09-10-2020
ARRESTMENT OF THE 91th FUGITIVE. CENTRAL JAVA ATTORNEY OFFICE'S TABUR TEAM SUCCESSFULLY ARRESTED FUGITIVE, YANI PUSPITASARI BINTI MUCHTAR BADJURI, IN KARAWANG, WEST JAVA.
09-10-2020
SUSPECT HM'S SON-IN-LAW IS EXAMINED AS A WITNESS IN CRIMINAL ACTION OF GRATIFICATION CORRUPTION TO THE DIRECTORS OF PT. BANK TABUNGAN NEGARA
arsip siaran pers

Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id