Jum'at, 13 Desember 2019

06-06-2008
Jaksa Agung Lantik Tim Satuan Khusus Tindak Pidana Korupsi


Jaksa Agung Hendarman Supandji melantik 50 orang anggota Satuan Khusus Penanganan Perkara Tindak Pidana Korupsi (Satsus Tipikor) Kejaksaan Agung di gedung Sasana Baharuddin Lopa, Kejaksaan Agung, hari Jumat (6/6).

Dalam pelantikan tersebut, Hendarman Supandji  memberikan batas waktu pada Tim Satuan Khusus Penanganan Perkara Tindak Pidana Korupsi untuk menunjukkan hasil kerjanya hingga Desember 2008 dan sebelum peringatan hari anti korupsi sedunia tanggal 9 Desember 2008. "Tim Satuan Khusus Penanganan Perkara Tindak Pidana Korupsi sudah akan terbentuk pada setiap kejaksaan tinggi di daerah dan sudah  menunjukkan hasilnya,”  kata Jaksa Agung.

Pelantikan Satsus Tipikor ini  sebagai  respon atas amanat Jaksa Agung saat pelantikan Direktur Penyidikan dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus. Respon ini dilakukan untuk memperbaiki citra kejaksaan  akibat adanya kasus suap Jaksa Urip Trigunawan, dengan segera menyelesaikan perkara korupsi yang belum selesai penanganannya di kejaksaan.

Selain itu, Jaksa Agung R.I. juga meminta satuan  khusus ini untuk segera mengungkap penyelesaian perkara yang terindikasi adanya tindak pidana korupsi berdasarkan laporan masyarakat ataupun hasil penyelidikan kejaksaan. 

Tim Satsus terdiri dari 50 orang yang terbagi dalam lima tim, masing-masing beranggota lima orang. Tiap dua tim dipimpin oleh seorang jaksa sebagai koordinator bidang. Tim satsus ini menangani  kasus korupsi yang meliputi masalah perbankan, pengadaan barang dan jasa, informatika dan teknologi, serta pelayanan umum, pencucian uang, suap, gratifikasi dan lainnya. Kelima koordinator itu adalah M. Jasman Panjaitan menangani masalah perbankan dan keuangan, Nur Rochmad menangani masalah  pengadaan barang dan jasa I, Nurchamid menangani masalah pengadaan barang dan jasa II, dan Faried Haryanto menangani masalah informatika dan teknologi, serta Sutopo Hendro menangani masalah pelayanan umum dan bidang lainnya.

Selain di Kejaksaan Agung, Satsus Tipikor juga telah dibentuk di 7 Kejaksaan Tinggi yaitu Kejaksaan  Tinggi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan. Satsus ini  ditargetkan hingga bulan Desember 2008 sudah bisa dibentuk di 33 Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia.


Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id