Kamis, 25 Februari 2021

22-02-2021
Jaksa Moh.Heriyanto Bacakan Tuntutan Pidana Terdakwa Perusak Bis Milik Polres Batu

Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksan Negeri Kota Malang Moh. Heriyanto, SH., MH. Pada hari ini Senin tanggal 22 Pebruari 2021 telah membacakan tuntutan terhadap terdakwa Andika Nanda Ardiansyah dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan yang dilaksanakan secara online, terdakwa Andika Nanda Ardiansyah diajukan ke persidangan lantaran telah merusak bus milik Polres Batu.

Menurut Heri selama persidangan terdakwa mengakui terus terang perbuatannya, bersikap sopan selama peridangan dan terdakwa belum pernah dihukum serta merupakan tulang punggung keluarga, hal-hal tersebut diatas menjadi pertimbangan  yang meringankan Tuntutan terdakwa. Sedangkan hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa anarkhis dengan melempari Petugas Kepolisian dan merusak Bus Petugas Kepolisian yang saat itu sedang bertugas mengamankan demonstrasi massa penolakan atas disahkananya UU Cipta Kerja.

Kejadian tersebut berawal pada hari Kamis tanggal 08 Oktober 2020 sekira 09.30 WIB terdakwa melihat unjuk rasa didepan gedung DPRD Kota Malang Jl. Sultan Agung Kota Malang terkait dengan penolakan atas disahkannya UU Cipta kerja / omnibus law yang diikuti oleh mahasiswa dari beberapa Universitas di Kota Malang, serikat buruh, organisasi kemahasiswaan dan juga masyakarat yang ikut menolak atas pengesahan Undang-undang Cipta Kerja.

Saat itu terdakwa bergabung dengan para pengunjuk rasa lainnya yang tidak dikenalnya dan bergerak maju kesepanjang Jl. Sultan Agung Kota Malang setelah itu terdakwa bersama dengan pengunjuk rasa lainnya melempari petugas Kepolisian dengan menggunakan batu serta juga terdakwa bersama dengan para pengunjuk rasa lainnya merusak bus Polres Batu dengan cara melempari kaca dan badan bus tersebut dengan menggunakan batu dimana terdakwa melempari bus dengan menggunakan batu tersebut sebanyak 3 (tiga) kali .

Perbuatan terdakwa mengakibatkan bus Polres Batu tersebut mengalami kerusakan pada kaca belakang, kaca samping kiri, kaca samping kanan, kaca pintu depan samping kiri, kaca pintu belakang samping kiri, pintu bagasi belakang, body kiri beberapa bagian terdapat yang penyok dan stoplamp (lampu rem belakang) kanan dan kiri.(ANa)

 


Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id