Kamis, 28 Januari 2021

12-01-2021
Tim Tabur Kejagung dan Kejati Bali berhasil mengamankan Terpidana DPO Hartono

Pada Senin 11 Januari 2021 pukul 14.55 Wita, Tim Tabur Kejaksaan Agung bersama Tim Tabur Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar dan Tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali berhasil mengamankan Terpidana tindak pidana umum atas nama HARTONO, SH. yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) asal Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali.
Terpidana yang diamankan Tim Tabur pada saat menyerahkan diri identitas lengkapnya sebagai berikut : -----------
• Nama Lengkap : HARTONO, SH
• Tempat Lahir : Kepulauan Riau
• Umur/Tanggal Lahir : 55 Tahun / 8 September 1963
• Jenis Kelamin : Laki-laki
• Kewarganegaraan : Indonesia
• Tempat Tinggal : Jl. Drupadi VI no 8 Denpasar Bali / Pertokoan Niaga Dewa Ruci Blok B No. 9 Jl. Sunset Road Kota Bali
• Agama : Budha
• Pekerjaan : Notaris
• Pendidikan : S-1


Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 534/ K/Pid/2020 tanggal 30 Juni 2020, HARTONO, SH. merupakan terpidana yang terbukti melanggar Pasal 263 Ayat (1) KUHP dalam perkara Tindak Pidana membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat membuat suatu hak, perikatan, atau pembebasan hutang,atau yang diperuntukkan sebagai bukti sesuatu hal seolah-olah isinya benar pada proses jual beli Villa Bali Rich (PT. Bali Rich Mandiri) senilai 38 Milyar rupiah. Terpidana dijatuhi hukuman pidana penjara selama 4 (empat) tahun.
Bahwa terpidana dinyatakan buron dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak Desember 2020 dan yang bersangkutan menyerahkan diri ke Kantor Kejaksaan Negeri Gianyar di Jalan Ciung Wanara No. 12 A Gianyar Bali pada hari ini Senin, 11 Januari 2020 sekira pukul 14.55 Wita setelah mengetahui para Terpidana lainnya dalam perkara tersebut yaitu Terpidana ASRAL bin H. MUHAMAD SHOLEH dan Terpidana TRI ENDANG ASTUTI binti SOLEX SUTRISNO yang diamankan oleh Tim Tabur Kejaksaan Agung bersama Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam dan Tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali pada hari Jumat 8 Januari 2021 dan Minggu 10 Januari 2021 yang lalu. Selanjutnya Terpidana HARTONO, SH. dieksekusi oleh Tim Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Gianyar dengan memasukan ke dalam Rutan Gianyar.

Kejaksaan Agung untuk tahun 2021 telah berhasil mengamankan 8 (delapan) orang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan.

Melalui program Tabur (Tangkap Buron) Kejaksaan, kami menghimbau kembali kepada seluruh DPO Kejaksaan untuk segera menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya karena tidak ada tempat yang nyaman bagi DPO. (K.3.3.1/is)


Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id