Senin, 16 Desember 2019

13-11-2019
KPU Karawang Teken MoU Dengan Kejari Karawang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang sebagai penasehat hukum dalam penyelenggaraan Pilkada Karawang 2020. Kerja sama tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara keduanya yang ditandatangani di Aula Kejari Karawang, Selasa (12/11/2019).

Ketua KPU Karawang Miftah Farid mengungkapkan, dalam penyelanggaran Pilkada Karawang 2020, pihaknya bakal mengeluarkan produk hukum yang berkaitan dengan pesta rakyat lima tahunan itu.

"Kita akan meminta pandangan hukum terkait produk hukum yang akan kami keluarkan," kata Farid usai penandatangan MoU.

Farid menyebut pihaknya akan mengikuti pandangan hukum dari Kejari Karawang sesuai Undang-Undang yang berlaku. Apalagi, di antara para komisioner KPU Karawang, tidak ada yang mempunyai latar belakang pendidikan hukum.

"Ini sangat membantu kami. Kami pun bersedia dijewer Kejari, jika memang tidak sesuai ketentuan," katanya.

Farid mengungkapkan, biaya Pilkada Karawang 2020 dianggarkan sebesar Rp 74,6 miliar. Uang rakyat itu, kata dia, harus dipertanggungjawabkan penggunaannya.

Kepala Kejari Karawang Rohayatie meminta KPU menggunakan uang rakyat dengan baik untuk kesuksesan Pilkada 2020.

Ia mengatakan, MoU antara KPU dengan Kejari Karawang, dilakukan secara profesional dan proporsional sesuai tugas dan fungsinya KPU berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada Karawang 2020. Kerja sama itu, sebenarnya sudah diajukan sejak tahun 2017.

"Kerja sama ini dilakukan bersama Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun). Pertimbangan-pertimbangan hukum akan kita berikan sesuai dengan keinginan dari kegiatan mereka," katanya.(sm)


Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id