Kamis, 14 November 2019

08-10-2019
Penyidik Pidsus Kejagung Kembali Periksa Saksi Dugaan Korupsi Pemberian Fasilitas Pembiayaan Dari PT. Danareksa Sekuritas Kepada Debitur PT. Evio Sekuritas

Pada hari ini Selasa, 8 Oktober 2019, Penyidik Pidsus Kejaksaan Agung telah melakukan pemeriksaan terhadap Saksi "IH" [mantan Direktur Invesment Banking I PT. Danareksa Sekuritas] dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas pembiayaan dari PT. Danareksa Sekuritas kepada Debitur PT. Evio Sekuritas. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Dr. Mukri, SH,. MH di Gedung Puspenkum Kejaksaan Agung RI. 

Dijelaskannya, saksi "IH" diperiksa terkait dengan proses penawaran umum terbatas (right issue) atas saham SIAP dan PT. Danareksa Sekuritas sebagai stanby buyer.

Lebih lanjut Kapuspenkum menyampaikan bahwa dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi ini, berawal pada Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2015, PT. Danareksa (Persero) dan empat entitas anak perusahaannya telah memberikan fasilitas pinjaman (pembiayaan) kepada Debitur perusahaan swasta. Pemberian pinjaman dan atau kerjasama tersebut, diduga telah terjadi perbuatan melawan hukum/ pelanggaran prosedural dalam pelaksanaannya yang dilakukan PT. Danareksa (Persero) dan entitas anak perusahaannya, sehingga mengakibatkan pemberian fasilitas pembiayaan tersebut mengalami gagal bayar (non performing loan) yang menimbulkan kerugian keuangan negara diperkirakan mencapai Rp. 100.000.000.000,- (seratus milyar rupiah). (pd/son)


Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id