Kamis, 14 November 2019

08-10-2019
Kejari Sorong Tetapkan 2 Orang Tersangka Kasus Korupsi Proyek Normalisasi Sungai Malawili

Kejaksaan Negeri Sorong menetapkan dua orang tersangka dalam proyek normalisasi Sungai Malawili di Aimas, Kabupaten Sorong.

Keduanya adalah RS, Direktur Utama PT Indo Mustika selaku kontraktor dan IK, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Barat.

Penetapan tersangka ini setelah penyidik Kejari Sorong melakukan pemeriksaan fisik proyek di lapangan pada Jumat lalu. Tim penyidik yang dipimpin Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sorong, Indra Timothy SH, mendatangi lokasi proyek normalisasi Sungai Malawili yang ada di belakang Polres Sorong hingga belakang Rumah Makan Berastagi, Jl Nangka, Aimas Unit 1, Kabupaten Sorong.

Kepala Kejaksaan Negeri Sorong, Ahmad Mudhor mengatakan, penyidikan atas dugaan penyimpangan proyek yang menggunakan anggaran t negara Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp 5 miliar ini, sudah berjalan lima bulan lebih. Dari pagu anggaran yang ditetapkan, nilai kontrak yang disepakati dengan kontraktor adalah senilai Rp 3,9 miliar.

Kami menetapkan tersangka berdasarkan alat bukti yang sudah kita dapat antara lain saksi sebanyak 10 orang, surat-surat otentik dan juga ahli yang kami datangkan,” ujar Kajari Sorong Senin (07/10/2019).

Dikatakan Kajari, ada 2 temuan yang ditemukan oleh ahli pada saat melakukan pengukuran talut proyek normalisasi sungai Malawili yang berlokasi di belakang Polres Sorong hingga rumah makan Berastagi Aimas, Kabupaten Sorong. Tingkat kekerasan beton dan pemasangan batunya, kata Muhdor, tidak sesuai spesifikasi yang ditetapkan dalam kontrak kerja.

Dari pemeriksaan fisik proyek di lapangan tersebut, diperoleh hasil bahwa negara dirugikan sebesar Rp 1,3 miliar.

“Kedua tersangka dijerat dengan pasal 2 dan 3 Undang-undang Tipikor,”pungkas Kajari.(sm)


Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id