home > tentang kejaksaan > sambutan jaksa agung
SAMBUTAN JAKSA AGUNG
Assalammualaikum Wr Wb

Saya, Basrief Arief, mengucapkan selamat datang di Website Kejaksaan Republik Indonesia.

Saya menyambut baik keberadaan serta upaya pembenahan Website ini. Hal itu tidak saja dalam rangka menjadikan Kejaksaan menjadi lembaga yang lebih informatif dan fungsional, melainkan juga untuk mewujudkan peran Kejaksaan yang lebih tegas, bersih, serta transparan, dalam menjalankan fungsinya.

Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan zaman, Kejaksaan Republik Indonesia selaku salah satu lembaga tinggi negara, harus mampu melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang kehidupan guna membentuk jati dirinya sebagai “institusi negara”, bukan institusi penguasa.

Hal ini terkait dengan amanat UUD 1945 serta Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 yang telah menempatkan posisi dan fungsi Kejaksaan dengan karakteristik tersendiri, yakni: "kekuasaan Negara di bidang penuntutan harus bebas dari pengaruh pihak manapun".

Oleh karena itu, keberadaan Website Kejaksaan Republik Indonesia, informasi serta data yang tersaji di dalamnya saya harapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi kejaksaan, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Jakarta, Desember 2010

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA

BASRIEF ARIEF

ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.