REFORMASI BIROKRASI
KEJAKSAAN RI
   TAHAP PELAKSANAAN    QUICK WINS    PROGRAM PEMBARUAN    INFO TERKINI  
Tim Reformasi BirokrasiAgenda dan Hasil
 
Tim Reformasi Birokrasi
 

I.   TIM PENGARAH

Tim Pengarah dipimpin oleh Wakil Jaksa Agung dengan keanggotaan terdiri dari para pejabat eselon I dan II dilingkungan Kejaksaan Republik Indonesia.
Tim Pengarah melakukan reformasi birokrasi di Kejaksaan RI melalui kegiatan  :

  1. Evaluasi tingkat efisiensi, efektivitas dan produktivitas seluruh unit  kerja Kejaksaan RI;
  2. Reformulasi/redefinisi visi, misi, tugas, fungsi dan wewenang Kejaksaan RI agar lebih jelas dan terukur;
  3. Penyusunan strategic mapping sesuai dengan visi dan misi yang baru;
  4. Penataan organisasi dan tata kerja yang lebih menekankan pada terbentuknya jabatan-jabatan profesi/fungsional sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan ;
  5. Penetapan uraian jabatan, klasifikasi jabatan dan standar kompetensi jabatan serta bobot jabtan yang dikaitkan dengan perbaikan system remunerasi dan penggajian;
  6. Perumusan tata laksanan (system, prosedur dan mekanisme kerja) dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi;
  7. Monitoring dan evaluasi setiap semester perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi Kejaksaan RI;
  8. Penetapan Indikator Kinerja Utama Kejaksaan RI.

Kepja Nomor: KEP -  034/A/J.A/04/2009


II.   TIM PELAKSANA  :                                                
a. Tim Program Percepatan (Quick Wins)
Tim Percepatan(Quick Wins) melakukan tugas:

  1. Mengidentifikasi area-area yang paling kritikal/bermasalah terutama dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas pokok dan kewenangan Kejaksaan RI;
  2. Menetapkan program percepatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat luas dan dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat dengan menggunakan sumber daya yang telah tersedia;
  3. Menyampaikan rancangan pelaksanaan program percepatan yang meliputi data atau fakta yang menjadi latarbelakang program percepatan, hasl akhir yang akan dicapai, metode yang akan digunakan, rencana pelaksanaan, out put dari masing-masing program percepatan, penanggungjawab kegiatan masing-masing program percepatan dan sumber daya yang diperlukan.

Kepja Nomor: KEP – 038/A/J.A/04/2009

b. Tim Evaluasi Kinerja Kejaksaan
Tim Evaluasi Kinerja melakukan tugas :

  1. Menginvetaris peraturan perundang-undangansebagai landasan organisasi Kejaksaan RI;
  2. Melakukan pemetaan kondisi postur birokrasi, hasil kerja dan dampak/manfaatnya;
  3. Mengevaluasi tingkat efisiensi, efektivitas dan produktivitas setiap unit kerja Kejaksaan RI;

Kepja Nomor: KEP – 036/A/J.A/04/2009

c. Tim Sosialisasi dan Penyusun Profil Kejaksaan 2025
Tim Sosialisasi dan Penyusun Profil melakukan tugas :

  1. Melaksanakan Sosialisasi dan menyusun gambaran kondisi postur Kejaksaan RI yang diinginkan pada tahun 2025;
  2. Menyusun Strategi, tahapan kerja, waktu yang dibutuhkan, penanggung jawab dan sumber dana yang digunakan;
  3. Menganalisas resiko/dampak yang akan terjadi dan merumuskan alternatif solusinya.

Kepja Nomor: KEP – 037/A/J.A/04/2009

d. Tim Analisis Jabatan, Evaluasi Jabatan dan Remunerasi.

Tim Analisis Jabatan, Evaluasi Jabatan dan Remunerasi melaksanakan tugas:

  1. Mengumpulkan data dan fakta yang berkaitan dengan sebuah pekerjaan, menganalisa, mendokumentasikan dan memvalidasi;
  2. Mengukur kompleksitas dan kontribusi setiap pekerjaan dengan faktor yang relevan;
  3. Menganalisa kebutuhan personil dalam melaksanakan suatu pekerjaan;
  4. Menghitung besaran tunjangan kinerja berdasarkan bobot dan peringkat jabatan   

Kepja Nomor: KEP – 035/A/J.A/04/2009

e. Tim Asistensi

  1. Membantu Tim Pengarah dan Tim Teknis dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kejaksaan RI
  2. Menghubungi lembaga donor yang tersedia untuk membiayai Jasa Konsultan, studi banding, seminar dan kegiatan lainyya yang terkait pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi Kejaksaan RI
  3. Mendampingi Tim Pengarah dalam rangka Reformasi Birokrasi ke Kejaksaan Tinggi Seluruh Indonesia
  4. Mendampingi Tim Pengarah dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan program Reformasi Birokrasi
  5. Membantu Tim Pengarah dalam membuat laporan semester setiap pelaksanaan Reformasi Birokrasi
  6. Sebagai penghubung dengan Lembaga Donor 

Kepja Nomor: KEP – 131/B/WJA/12/2008

f. Tim Manajemen Perubahan

  1. Melaksanakan sosialisasi dan internalisasi dalam rangka memperoleh pemahaman yang sama dan mengurangi resistensi serta memastikan partisipasi serta komitmen pegawai dalam pelaksanaan prorman reformasi birokrasi
  2. Melakukan komunikasi yang komprehensif dan terintegrasi mengenai perubahan yang akan dilakukan proses yang dijalani dan hasil yang akan dicapai kepada seluruh jajaran Kejaksaan RI sehingga dapat mengetahui dengan tepat perubahan yang diharapkan dalam organisasi
  3. Membuat rencana aksi program manajemen perubahan yang komprehensif
  4. Melaksanakan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan program Reformasi Birokrasi sehingga tetap terjaga kesinambungannya menuju perubahan organisasi yang diinginkan

Kepja Nomor: KEP – 051/A/J.A/05/2009

g. Tim Penilaian Kinerja

  1. Menginventarisir dan menganalisis sistem penilaian kinerja pegawai yang sudah digunakan
  2. Menyusun sistem penilaian kinerja berdasarkan kompetensi, transparan, obyektif dan mudah untuk diterapkan
  3. Membuat laporan hasil kerja dalam bentuk dokumen evaluasi kinerja kepada Tim Pengarah
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi dalam rangka implementasi sistem penilaian kinerja

Kepja Nomor: KEP- 052/A/J.A/05/2009

h. Tim Pendamping Pelaksanaan Analisis Beban Kerja Kejaksaan RI

  1. Menginventarisir dan menganalisis sistem beban kerja pegawai
  2. Menyusun sistem beban kerja berdasarkan kompetensi transparan, obyektif dan mudah untuk diterapkan
  3. Membuat laporan hasil kerja dalam bentuk dokumen hasil pelaksanaan analisis beban kerja kepada Tim Pengarah
  4. Mendampingi Konsultan Manajemen dalam melaksanakan Analsis beban Kerja pada Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri dan Cabang Kejaksaan Negeri yang ditentukan

Kepja Nomor: KEP- 053/A/JA/05/2009

i. Tim Restrukturisasi Organisasi dan Penyusunan Blue Print (Cetak Biru) Kejaksaan RI

  1. Menyusun konsep Struktur Organisasi, jumlah jabatan dan uraian Jabatan serta tugas dan fungsi masing-masing Jabatan Struktural, Jabatan Fungsional dan staf di lingkungan Kejaksaan RI
  2. Menyusun seluruh program, kegiatan dan anggaran berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing-masing satuan kerja dalam rangka peningkatan kapasitas organisasi dan sumber daya manusia yang dituangkan dalam bentuk ble print (cetak biru) Kejaksaan RI
  3. Menyusun konsep Peraturan Presiden (Perpres) Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan RI sesuai dengan konsep Struktur organiasi jumlah jabatan, Uraian Jabatan serta tugas dan fungsi masing-masing Jabatan Struktural, Jabatan fungsional dan staf sesuai hasil analisis beban kerja tersebut diatas
  4. Melaksanakan diskusi dan sosialisasai tentang struktur organisasi Kejaksaan RI yang baru, yang telah disusun berdasarkan hasil analisis beban kerja dan pembahasan seluruh program, kegiatan dan anggaran setiap satker di lingkungan Kejaksaan RI

Kepja Nomor: KEP – 100/A/J.A/09/2009


 
Kembali
  Quick Wins
  Evaluasi Kinerja
  Profil Kejaksaan 2025
  Manajemen Perubahan
  Analisis Jabatan
  Evaluasi Jabatan
  Sistem&Struktur Remunerasi
  Sistem Manajemen SDM
  Peraturan Perundang-Undangan
ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.