home > pidato jaksa agung

S A M B U T A N
JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PADA HARI ULANG TAHUN KE-XII
IKATAN ADHYAKSA DHARMAKARINI
Kamis, 19 Juli 2012


Yang saya hormati :

- Ketua Umum Dan Pengurus Ikatan Adhyaksa Dharmakarini;

- Ibu Lastri Fardani Sukarton, Ibu Reni Singgih, dan ibu-ibu para anggota kehormatan Ikatan Adhyaksa Dharma Karini;

- Saudara Wakil Jaksa Agung selaku pengawas Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat, para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Dan Para Staf Ahli Jaksa Agung;

- Para undangan serta segenap hadirin yang berbahagia,

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita sekalian,

Marilah kita bersama – sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala, yang telah senantiasa melimpahkan rahmat serta ridho-Nya kepada kita, sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul di sini, dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-12 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2012.

Ibu-ibu adhyaksa dharmakarini serta hadirin yang berbahagia,

Acara peringatan hari ulang tahun adhyaksa dharmakarini dengan tema “Melalui Hut Xii Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Tahun 2012 Kita Bangkitkan Rasa Kebersamaan Menuju Kekompakan Antar Anggota” tema kali ini, hendaknya dapat dimaknai sebagai momentum untuk melakukan introspeksi serta mengevaluasi segala kegiatan yang pernah dilakukan oleh organisasi, selama dalam kurun waktu satu tahun belakangan ini.

Jika diibaratkan, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang saat ini tengah berulang tahun yang ke-12 tengah menginjak usia remaja, masa remaja ini adalah masa yang tepat untuk memperkuat pondasi sekaligus mempererat soliditas dan solidaritas diantara para anggotanya.diharapkan melalui organisasi adhyaksa dharmakarini ini, ibu-ibu dapat termotivasi, untuk saling meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama anggota serta lingkungan masyarakat, dengan melakukan kegiatan yang bersifat positif, dan berguna untuk masyarakat umum lainnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa  pembentukan  organisasi  Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, antara lain dimaksudkan sebagai wadah perhimpunan bagi isteri dan ibu-ibu pegawai kejaksaan, yang merupakan bagian dari keluarga besar adhyaksa, untuk saling mengenal satu sama lain, meningkatkan rasa persaudaraan, mempererat tali silaturahmi, sekaligus menopang berbagai kegiatan informal yang dilakukan oleh kejaksaan, yang bertujuan untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan sesama warga adhyaksa.

Sebagai suatu organisasi yang profesional, adhyaksa dharmakarini pun diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata dan bermanfaat bagi para anggotanya, dengan berbagai program kegiatan yang telah direncanakan secara matang, terarah dan berkesinambungan, dalam upaya mendukung kesejahteraan keluarga, serta bagi suksesnya pelaksanaan tugas korps adhyaksa.   

Ibu-ibu adhyaksa dharmakarini serta hadirin yang saya hormati,

Saya menyadari, bahwa tugas ibu-ibu sungguh berat, karena dipundak ibu-ibu dituntut harapan, untuk mampu menciptakan keseimbangan, baik sebagai ibu rumah tangga yang mendampingi suami dan mendidik putra-putrinya, maupun sebagai istri pegawai negeri anggota adhyaksa dharmakarini. Oleh karena itu, saya selalu berharap supaya peranan ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi adhyaksa dharmakarini, dapat berlangsung selaras dan serasi. Terutama di dalam menunjang tugas para suami. “behind the great man there’s a great woman” , di belakang pria yang hebat selalu ada wanita hebat dibelakangnya, keberhasilan tugas yang dicapai oleh para suami bukan saja karena gigih dan tangguhnya mereka bekerja, akan tetapi karena ada ibu-ibu yang secara aktif mengatur keluarga, untuk mendukung perjuangan serta derap langkah para suami dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, maka dari itu jelaslah sudah bahwa peran para ibu-ibu adhyaksa dharmakarini sangatlah sentral dan terpatri dengan suksesnya para suami didalam pelaksanaan tugasnya.

Melihat perkembangan situasi dan kondisi yang ada pada saat ini, institusi kejaksaan sedang dalam sorotan masyarakat. Keadaan ini pastinya akan turut mempengaruhi kehidupan ibu-ibu sebagai isteri pegawai kejaksaan sekaligus merupakan isteri aparat penegak hukum, dan sedikit banyak tentunya akan berpengaruh pula pada pergaulan sosial di masyarakat.

Saya harapkan ibu-ibu lebih bisa bersikap bijaksana dalam mendukung tugas para suami, dan oleh karena itu saya menghimbau agar keberadaan ibu-ibu di tengah masyarakat untuk selalu mawas diri, dapat bersikap mumpuni dan bersahaja sehingga bisa menjadi panutan di dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Eksistensi ibu-ibu  dalam pergaulan hendaknya dapat menunjukan kiprah positif  dan bermanfaat, sehingga dapat membantu mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap kejaksaan.

 Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada sambutan kali ini, akhirnya saya ucapkan selamat hari ulang tahun ke-12, dirgahayu Adhyaksa Dharmakarini, semoga Allah Subhanahu Watta’ala, senantiasa memberikan anugerah dan perlindungan kepada kita semua, dalam mengemban tugas sebagai seorang isteri yang dapat mendukung tugas-tugas suami, sebagai seorang ibu rumah tangga yang dapat mendidik dan menjaga anak-anak dengan baik, sehingga mendukung keberhasilan suami dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya, serta dalam kehidupan berkeluarga.

Sekian dan terima kasih.

Wasalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 
Jakarta, 19 Juli 2012
JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA
 
BASRIEF ARIEF

 PIDATO JAKSA AGUNG
11-06-2014
SAMBUTAN JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA PENYERAHAN LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN R.I. ATAS LAPORAN KEUANGAN KEJAKSAAN R.I. TAHUN 2013
05-06-2014
AMANAT JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN JABATAN JAKSA AGUNG MUDA INTELIJEN DAN STAF AHLI JAKSA AGUNG BIDANG PEMBINAAN
pidato lainnya
ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.